Home / Indotimnews / Keindahan Wisata Kepulauan Selayar masih butuh perhatian pemerintah

Keindahan Wisata Kepulauan Selayar masih butuh perhatian pemerintah

SELAYAR– Apa yang terlintas dibenak kita saat mendengar nama Tanadoang ?

Daerah ini berada di kabupaten di bagian selatan Sulawesi Selatan. Sebuah Kabupaten yang terdapat 132 pulau hingga ia disebut Kabupaten Kepulauan Selayar.

Mereka yang pernah berkunjung kesana, mungkin akan mengingat destinasinya, hasil alamnya serta beberapa makanan khasnya.

Salahsatu hasil alam yang menonjol dan diolah dengan baik oleh masyarakat selayar ialah kopra, kopra tidak saja diperjual belikan dalam lingkup Kabupaten Kepulauan Selayar, bahkan ia telah di kirim kebeberapa wilayah di Indonesia.

Kemudian, beberapa keindahan alamnya yang dapat dijadikan objek wisata, baik masyarakat lokal maupun pendatang. Seperti, Pantai Punagan, Ngapaloka beach, KIC, Liang Tarrusu, Liang Kareta dan berbagai macam objek wisata yang masih ada.

Beberapa waktu lalu, anggota UKM Seni Tari UNHAS menyempatkan diri berkunjung ke Kepulauan Selayar, yaitu pada hari Jum’at, 29 Desember 2017 – 01 Januari 2018 dengan agenda  liburan untuk moment Tahun.

Salahsatu pengakuan wisatawan lokal terhadap perkembangan pariwisata yang ada di Kepulauan Selayar, bahwa Selayar memiliki banyak potensi wisata.

Hanya saja belum terpublis secara maksimal. Disisi lain, mungkin kurangnya perhatian instansi terkait seperti dinas pariwisata yang belum memaksimalkan akses ke tempat – tempat wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

” Banyak sekali potensi di Selayar yang dapat dikembangkan dan diolah secara baik. Namun, hingga saat ini kita belum melihat sejauh apa perhatian pemerintah terhadap perkembangan pariwisata yang ada di Selayar. Salahsatu contoh, akses ke tempat – tempat objek wisata itu belum maksimal, sehingga butuh perjuangan untuk sampai kesana,” Ungkap Fauziah Mas’ud saat dikonfirmasi via Whatsapp , Selasa (2/1/18) .

Ia menambahkan, beberapa keluhan di rasakan oleh wisatawan terkait fasos dan fasum yang kurang terurus oleh di Selayar.

“ Terkait Fasilitas Umum yang ada di Selayar, perlu kiranya untuk di benahi. Salahsatunya fasilitas Kapal Ferry Lestari Maju. Saat kami menyembrang dari Bira menuju Tanadoang saya melihat fasilitas kapal kurang memadai sehingga beberapa penumpang mengeluh, namun sangat untung karena saat pulang dan pergi tidak terlalu banyak penumpang, jadinya kami tidak berdesakan di atas kapal Ferry LM,” tutup p anggota UKM seni Tari Unhas itu.

Laporan: Dany F Malik

loading...