Home / Indotimnews / Kejaksaan Siap Sukseskan Pilkada Serentak

Kejaksaan Siap Sukseskan Pilkada Serentak

JAKARTA– Kejaksaan RI menggelar sosialisasi penanganan perkara tindak pidana dalam pemilihan gubernur, bupati dan wali kota 2018. Kegiatan yang digelar di Jakarta, Rabu (4/4) tersebut diikuti oleh Asisten Pidana Umum (Aspidum), Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) dan Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Lainnya (Kasi TPUL) yang di wilayahnya diselenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyatukan persepsi Jaksa se-Indonesia, khususnya bagi mereka yang bertugas di Sentra Gakkumdu,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad.

Noor Rachmad mengatakan, kegiatan sosialisasi ini diadakan untuk meningkatkan kapabilitas warga adhyaksa dalam menangani perkara tindak pidana yang berkaitan dengan Pilkada maupun pemilihan umum (Pemilu).

Selain narasumber dari internal Kejaksaan, dihadirkan pula sebagai pemateri Kepala Bareskrim Polri Irjen Ari Dono, Ketua Komisi Pemilihan Umum, Ketua Bawaslu dan Ketua Mahkamah Agung.

Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Jan S. Maringka mengatakan, Kejaksaan siap membantu pemerintah menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di tahun 2019.

Bentuk sumbangsih Bidang Intelijen sebagai indera Adhyaksa antara lain, melakukan sosialisasi dan pemantauan terhadap peserta Pilkada; menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada; memberikan saran penyelesaian dan melaporkan informasi kepada user secara berjenjang.

Jamintel juga mengeluarkan surat edaran agar jajaran kejaksaan di daerah tidak melakukan pengumpulan data dan pengumpulan data keterangan terkait kandidat, sampai semua tahapan Pilkada selesai. Menurut maringka, penundaan tersebut dilakukan untuk menciptakan situasi yang kondusif dan menjaga stabilitas nasional.

“Jangan sampai persatuan dan kesatuan bangsa terkoyak hanya gara-gara Pilkada,” kata Jan Maringka Maringka.

Jamintel mengimbau, warga Adhyaksa untuk bersinergi dengan institusi lain seperti Kepolisian, TNI, KPU, Bawaslu, dan pemerintah daerah supaya Pilkada damai dapat terwujud.

Lebih lanjut, Maringka menjelaskan, kerja sama yang terjalin dimulai dari tahap pencegahan, persiapan, merespon dan perbaikan.

Laporan..ida sf

loading...