Kenapa BBM bisa naik, Bisakah kita menggunakan energi terbaru ?

oleh -371 views

Kelangkaan energi di Indonesia saat ini sebagian besar dipengaruhi oleh buruknya sistem tatakelolah energi, inkonstitusional kebijakan, serta frakmentasi kebijakan yang sangat mementingkan ego sektoral, ini sangat mendominasi pola pengelolaan energi di Indonesia.

Kebutuhan akan energi di Indonesia semakin berkembang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari seiring dengan pesatnya mebangunan.

Terutama pada saat ini,dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi,arus informasi yang semakin deras, perkembangan industri dan lain sebagainya semakin singnifikan mengalami peningkatan.

Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan energi yang dicerminkan dalam konsumsi energi dipicu oleh beberapa faktor serta memiliki pengaruh serta di pengaruhi oleh sektor lain.

Ditawarkan solusi sumber Energi terbarukan merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui dan dapat digunakan tanpa batas. Sumber energi ini terdiri dari air,panas bumi (geothermal), biomassa, surya, angin, gelombang laut, bahan bakar nabati (BBN) dan nuklir (Hanya saja, untuk saat ini pengembangan dan pemanfaatan tersebut tersebut masih terbatas untuk kepentingan penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Energi terbarukan ini belum termanfaatkan dengan baik dan masih minim persiapan. Namun belum ada kata terlambat untuk mengembangkan sumber energi terbarukan di Indonesia.
Untuk bahan bakar nabati atau sering juga disebut dengan bioeful yaitu bahan bakar yang terbuat dari bahan nabati(tanaman) yang mengalami proses pemurnian dan reaksi.

Potensi kekayaan alam indonesia menciptakan peluang untuk bisa mengembangkan jenis energi terbarukan ini. Beberapa jenis tanaman yang memiliki potensi untuk di usahakan sebagai salah satu jenis bahan bakar nabati yaitu tanaman penghasil karbohidrat dan gula seperti tanaman jarak, kapuk randu, karet, kelapa, kemiri, kelor, sawit, alpukat, coklat, kayu manis, kopi, serikaya, sirsak, jagung padi dan lain sebagainya (sumber : partowidagdo,widjajono, migas dan energi di indonesia,2009)
Pemanfaatan tanaman tersebut untuk menjadi bahan bakar sangat memungkinkan karena beberapa bahan nabati tersebut jika di proses memiliki sifat fisik dan kimia yang sama dengan bahan bakar fosil.

Melihat potensi sumber energi terbarukan Indonesia, tidak salah apabila mengatakan bahwa indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keberagaman sumber energi.

Indonesia bahkan menempati posisi kedua setelah brazil sebagai negara bio-diversity. Beragamnya dan melimpahnya potensi energi terbarukan indonesia berbanding terbalik dengan pemanfaatannya.pengembangannya masih terbilang minim bahkan belum dikembangkan sama sekali.

Sebaliknya energi fosil indonesia seperti minyak bumi,gas alam,batubara tidak terlalu melimpah jika di gunakan untuk memenuhi kebutuhan energi seluruh rakyat indonesia. Namun energi fosil khususnya minyak bumi masih menjadi tumpuan utama dalam hal penyediaan energi.

Kondisi energi indonesia saat ini dapat di klasifikasikan dalam dua indikator yaitu kebutuhan atas energi dan ketersediaan energi. Saat ini konsumsi energi indonesia sangat tinggi sehingga kebutuhan akan energi mengalami peningkatan.

Namun demikian hal tersebut tidak di dukung oleh ketersediaan energi yang memadai Ketimpangan indikator sosial politik dan ekomoni, kondisi sosial dan politik cenderung memperlihatkan kondisi yang pesimis dalam menempatkan energi sebagai sektor unggulan. Sedangkan kondisi ekonomi cenderung semakin membaik dan optimis.

Kondisi ini akan semakin memperbesar margin ketimpangan sebab di satu sisi semakin pertambahnya permintaan energi melalui peningkatan aktivitas ekonomi, transportasi, konsumsi sehari-hari dan peningkatan jumlah penduduk, di sisi yang berlawanan supply energi akan semakin berkurang karena lemahnya perangkat kelembagaan dan kebijakan energi karena Banyaknya peraturan perundang-undangan yang timpang tindih.

Tawaran Solusi selanjutnya lagi
Pemerintah indonesia harus membuat sebuah kebijakan mengenai kedaulatan energi indonesia agar tercipta kondisi kedaulatan energi dimasa yang akan datang dengan menempatkan energi sebagai sektor unggulan.

Indonesia harus mengembangkan potensi sumber energi terbarukan yang di miliki agar tercipta pengembangan energi mix.disisi lain, pengembangan energi terbarukan akan mengurangi dampak perubahan iklim akibat pemanasan global.

Pemerintah harus memiliki rencana pengelolaan dan pemanfaatan energi indonesiadalam jangka panjang. Rencana ini menjadi rencana yang paten,sehingga pada saat pergantian pemerintahan tidak mengubah rencana pengelolaan dan pemanfaatan sektor energi.

Penulis: Muh.irwan S.Farm.,Apt Salah satu Dewan pembina Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) Mahasiswa Pascasarjana Unhas

loading...
loading...