Ketahui Treatment Batu Permata Yang Anda Mau Beli

oleh -331 views

images(2)Indotimnews.com– Treatment atau perawatan batu permata telah ada selama ratusan tahun. Dokumentasi pertama perawatan disampaikan oleh Pliny the Elder. Dan, 2.000 tahun kemudian, banyak dari treatment ini masih digunakan hari ini! Beberapa proses tambahan untuk memperbaiki kualitas batu permata natural alam, treatment ini memberikan pasar permata dengan pasokan yang lebih besar dari batu permata yang indah. Treatment atau perawatan menghasilkan perubahan dramatis dalam batu permata itu sendiri seperti ; iradiasi dan pemanasan topaz berwarna yang secara permanen berubah menjadi topaz biru adalah contoh yang sangat baik. Beberapa treatment atau perawatan yang kurang stabil dan harus dihindari oleh pembeli yang mengatahui. Berikut adalah deskripsi dari beberapa treatment atau perawatan umum.

Di masa lalu, treatment atau perawatan batu permata biasanya dilakukan oleh pemotong. Produsen menginginkan nilai produk jadi untuk menjadi setinggi mungkin. Saat ini, ada pusat, seperti Bangkok di Thailand di mana ada fasilitas yang mengkhususkan diri dalam treatment atau perawatan kedua permata kasar dan kuno. Perlakuan panas “heat treatment” corundum (rubi dan safir) adalah contoh yang sangat baik. Perlakuan panas korundum (baik pemanasan sederhana dan pemanasan dengan fluks, seperti berilium) sering dilakukan sebelum sebelum pemotongan.

Perawatan dan Harga
Ada beberapa batu permata yang bahkan tidak akan ada jika tanpa perawatan. contoh nya citrine dalam nuansa kuning, emas dan oranye adalah hasil dari panas. citrine tanpa treatment cukup langka di alam. Kalau bukan karena treatment atau perawatan batu akan jauh lebih mahal daripada itu!
Tanzanite dalam nuansa ungu dan biru tergantung pada perlakuan panas untuk menghasilkan pasokan yang cukup untuk memenuhi tuntutan masyarakat.
Merah muda topaz adalah contoh lain dari permata yang tidak akan tersedia tanpa perlakuan panas. Tidak hanya perawatan ini dapat diterima, mereka diperlukan untuk menjaga produk ini terjangkau dan tersedia.
Permintaan terakhir untuk safir dan rubi pemanas telah menyebabkan kenaikan harga sebanyak 50% -100% untuk bahan pemanas. Apakah ini berarti bahwa permata diobati lebih indah? NO! Dalam kebanyakan kasus pemanasan meningkatkan batu permata untuk membuatnya lebih indah; harga premium adalah hasil dari alam yang natural yang tanpa pemanas !.

Pemanasan “Heated Treatment”

Pemanasan adalah treatment atau perawatan yang paling umum tersedia. Hal ini dapat menyebabkan warna batu untuk mencerahkan,menggelapkan , atau merubah sepenuhnya. Hal ini dapat membawa perbaikan dalam kejelasan dan kecerahan. Pemanasan terdeteksi hanya dengan pengamat terlatih di laboratorium dan biasanya ireversibel dalam kondisi normal. Rubi dan safir akan berisi jarum rutil mikroskopis atau gelembung gas kecil di kantong cairan yang merupakan bukti bahwa untuk menjamin bahwa batu ini belum dipanaskan. Jika permata ini adalah warna terbaik mereka maka harga nya menjadi sangat mahal karena kelangkaan mereka.

Dalam beberapa dekade terakhir, ditemukan, cukup sengaja, bahwa jika safir dipanaskan bersama dengan fluks yang mengandung berilium, warna safir bisa berubah secara dramatis.

Permata berikut secara rutin panas dirawat:
tanzanite
citrine
topaz merah muda
aquamarine
Paraiba turmalin
apatit
ruby
safir
zirkon (baik biru dan berwarna)

Meminyaki “Oilling Treatment”
Meminyaki zamrud bersifat universal, tetapi tidak setiap zamrud diminyaki, (spesimen tersentuh baik akan perintah harga astronomi). Ketika zamrud kasar ditambang itu di masukan ke dalam barel minyak maka ketika dipotong minyak digunakan sebagai pelumas di pangkuan cutter ini. Minyak berwarna merembes ke dalam celah di permukaan zamrud dan Ketika celah batu mengandung minyak maka celah tersebut kurang terlihat. Untuk melengkapi proses ini minyak bertekanan ke dalam celah batu dipoles. Ini adalah sesuatu yang harus diterimaSatu-satunya cara Anda akan menemukan zamrud yang tidak diminyaki adalah jika tidak ada fraktur pada permukaan zamrud, jadi tidak ada minyak bisa masuk ke dalam batu. Jika warna adalah sama, jelas Anda akan membayar lebih untuk zamrud jika tidak memiliki celah yang mencapai permukaan; mereka hanya akan memiliki lebih sedikit inklusi. Jika zamrud yang awalnya memiliki celah yang mencapai permukaan, dimasukkan ke dalam ultrasonik atau dikukus bersih, maka minyak dapat tercuci . Ini akan membuat inklusi permukaan terlihat lebih putih dan lebih jelas. Dalam hal ini, batu dapat diminyaki kembali.

Baru-baru ini, saya telah membaca artikel bahwa batu berwarna lainnya seperti rubi, alexandrite, varietas lain chrysoberyl, dan garnet demantoid telah diperlakukan dengan minyak dan resin untuk membuat inklusi permukaan kurang terlihat. Minyak Kadang berwarna digunakan pada zamrud dan rubi. Idenya adalah untuk menambahkan warna sambil menyembunyikan patah tulang. Resin sintetis dapat digunakan untuk mengisi patah tulang pada zamrud dan batu lainnya dengan fraktur yang mencapai permukaan permata. Pengeras sering diterapkan untuk membuat proses lebih permanen. Penggunaan resin ini, dengan pengeras suka atau tidak perawatan yang dapat diterima.
iradiasi
Iradiasi berarti treatment bahan dengan partikel subatom atau radiasi. Kadang-kadang iradiasi diikuti dengan pemanasan untuk menghasilkan warna yang lebih baik atau baru untuk permata. Biru topaz adalah contoh yang paling umum. Meskipun topaz biru terjadi di alam, sangat langka dan pucat. Di Amerika Serikat diiradiasi permata diatur oleh Badan Pengatur Nuklir ke dalam upaya untuk memastikan tidak ada radiasi sisa yang berbahaya.
Dari iradiasi topaz biru telah menciptakan nuansa tidak ditemukan dalam topaz biru alami. Tourmaline dapat disinari untuk menggelapkan batu merah muda ke yang merah; ini bisa dibedakan dari yang merah alami. Off berlian berwarna dapat disinari dan dipanaskan dan berubah menjadi intens hijau, kuning, biru, coklat & merah muda. Batu-batu ini cukup umum. Berlian iradiasi akan lebih murah dari yang berwarna alami dan ukuran mutiara budidaya dapat disinari untuk menghasilkan warna abu-abu atau biru; tapi pencelupan dalam warna-warna ini lebih umum. Varietas kuarsa dan spodumene disinari dan kemudian anil dengan panas untuk menghasilkan warna yang dramatis dan diinginkan.

Mewarnai “couloring”
Tanpa pencelupan akan sedikit batu permata natural dengan warna yang baik, jika ada, onyx hitam: meskipun kalsedon hitam alami telah diklaim ditemukan di Namibia dan Iran, saya pada saat tulisan ini skeptis. Kalsedon atau lebih dikenal sebagai batu akik, sering dicelup biru, hijau, atau oranye dan diukir ke dalam mangkuk, patung, atau dipotong menjadi manik-manik. Mutiara hasil budidaya dari Jepang, yang tumbuh di tiram Akoya yang menghasilkan mutiara sampai sekitar l0 milimeter, tumbuh dengan berbagai nuansa warna. Jika mereka abu-abu gelap, kebiruan, violet, hampir hitam, atau perunggu intens, itu dicelup. Untuk memenuhi permintaan saat ini mutiara dengan warna mawar, beberapa mutiara budidaya telah diberi warna merah muda; ini dapat dideteksi dengan mencari konsentrasi pewarna sekitar lubang bor atau sekitar noda. Di sisi lain, mutiara Laut Selatan umumnya lebih besar dari mutiara Jepang, tumbuh dengan berbagai warna eksotis secara alami karena mereka tumbuh dalam berbagai tiram.
Mutiara hitam Tahitian adalah contoh yang baik dari mutiara hitam berwarna alami. Budidaya mutiara dengan warna eksotis alam akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang dicelup. Mewarnai kalsedoni dan mutiara lazim,dan dapat diterima. Mewarnai dari bahan lain, batu giok, lapis lazuli, turquoise, koral, rubi, zamrud dan safir mungkin kurang diterima. Umumnya, pencelupan bahan-bahan tersebut dilakukan untuk menyamarkan barang berkualitas buruk. Lapis lazuli yang di celup dapat dengan mudah diuji dengan menggosok dengan sepotong kapas yang dibasahi dengan aseton (cat kuku remover). Jika dicelup, warna biru akhirnya akan luntur pada kapas. Dalam kasus lapis lazuli atau pirus, bahan alami tidak terlalu mahal, jadi mengapa repot-repot dengan bahan rendah kecuali Anda hanya menyukai warna? lapis lazuli yang dicelup warna dapat melunturka pewarna ke pemakai atau atau pakaiannya (bukan hal yang menyenangkan untuk menghapus, percayalah). Untuk giok yang di celup mungkin sulit untuk mendeteksi, jadi hati-hati jika harga tampaknya “terlalu baik”. Sebuah alat yang murah (sekitar $ 30) disebut Filter Chelsea dan melengkapi filter zamrud dapat agak berguna mendeteksi giok dicelup tapi kecanggihan pemutihan dan polimer impregnasi jadeite bisa sangat sulit untuk mendeteksi tanpa bantuan analisis spectrographic. Manik-manik karang juga dapat di celup.

Coating
Coating adalah proses (digunakan dan dijelaskan selama lebih dari 200 tahun! Mana pernis atau film dari beberapa jenis diterapkan untuk meningkatkan permata ini penampilan. Hari ini, pelapis semakin digunakan untuk mengubah dan meningkatkan warna permata. Topaz Mystic adalah contoh dari permata dilapisi yang dikandung oleh Azotic Coating Technologies. perusahaan ini sekarang lapisan topaz di semua warna, termasuk pink . laporan terakhir telah menunjukkan bahwa tanzanite sudah muncul di laboratorium dengan lapisan pada paviliun untuk meningkatkan penampilan saturasi. Coatings kadang-kadang diidentifikasi pada berlian untuk meningkatkan warna jelas dan menipu pembeli.

Difusi “diffusion treatment”
Difusi pada awalnya digunakan pada safir. Chemicals, seperti berilium, yang diresapi pada suhu tinggi, dan benar-benar menembus permata. Difusi Awal hanya diproduksi warna pada permukaan permukaan permata dan disebut sebagai “Permukaan Difusi”. Difusi permukaan adalah mudah terdeteksi dengan perendaman, dan sering dengan pembesaran sederhana. Kemajuan besar telah dibuat dalam pengobatan difusi dalam dekade terakhir dan ditemukan bahwa jika korundum dipanaskan temperatur sangat tinggi untuk jangka waktu lama, difusi akan menembus seluruh batu!
Hal ini dapat meningkatkan warna, berubah warna, atau membuat asterism (bintang).

Mengisi “glass filling”
Mengisi digunakan pada permata dengan fraktur permukaan atau gigi berlubang. Kaca, plastik atau bahan lain yang digunakan untuk mengisi lubang ini. Ini kadang-kadang dilakukan untuk batu rubi. Dengan pemeriksaan dekat dengan perbesaran Anda mungkin dapat melihat perbedaan kilau permukaan, atau melihat efek spektral dalam fraktur bila dilihat dengan pencahayaan gelap-lapangan. The AIGS, The Asian Institute of Gemological Sciences, telah melakukan penelitian yang luas di batu rubi diisi.

Infilling Diamonds
Berlian dengan inklusi kadang-kadang diisi dengan kaca untuk membuat mereka tampak lebih jelas. Oved dan Yehuda Diamonds telah menjalani pengobatan ini. Filler dapat rusak oleh panas, pembersihan ultrasonik, dan dengan re-tipping. Pengisian tidak memperbaiki inklusi, itu hanya membuatnya kurang terlihat.
Jika anda melihat berlian diisi erat, putar di bawah cahaya, Anda harus dapat melihat flash kebiruan. Kedua Yehuda dan Oved biasanya akan mengisi berlian Anda secara gratis jika pernah rusak. Periksa garansi sebelum membeli berlian tersebut.

Lasering
Lasering kadang-kadang digunakan pada berlian. Latihan proses yang sangat lubang kecil menjadi berlian untuk menyediakan akses ke inklusi yang akan mengurangi dari keindahan batu. Inklusi kemudian dapat, menguap atau dikelantang untuk membuatnya kurang jelas jika tidak dibakar oleh lasering tersebut. Di bawah perbesaran lubang laser terlihat bila dilihat pada sudut yang benar. Sebuah berlian lasered akan diklasifikasikan dalam kategori sedikit tidak sempurna atau tidak sempurna terlepas dari perbaikan dalam kejelasan jelas dan harus harga sesuai.

Gems yang Tidak Ditingkatkan
Ada beberapa batu permata yang tidak Di treatment atau perawatan. Ini termasuk: Garnet, (dengan pengecualian demantoid), Peridot, Iolite, Spinel, varietas Chrysoberyl, Tourmaline (dengan pengecualian dari berbagai Paraiba), Malachite, hematit, dan Feldspar dengan pengecualian kemungkinan varietas andesin dan labradorit Perlu diingat bahwa teknologi baru dalam pengobatan batu permata selalu berubah dan memperbaiki dan banyak yang serius sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk mendeteksi.

Demikian artikel ini kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua

terima kasih klikbatu.com

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.