Ketika Penyandang Cacat Tuntut Hak di DPRD Makassar

oleh -362 views

images(269)-1Makassar– Sepuluh orang perwakilan dari kelompok penyandang disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulawesi Selatan mendatangi DPRD Kota Makassar untuk menuntut hak.

“Kami sengaja datang ke dewan untuk tujuan supaya mereka memerhatikan kami dan menagih janji agar beberapa poin dimasukkan dalam skala prioritas dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar tahun 2014-2019,” kata Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel, Bambang di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, kedatangan mereka hanya minta agar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pengadaan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas yang telah disahkan sebelumnya bisa terlaksana dengan utuh.

Bambang di ruang Komisi D DPRD Kota Makassar mengaku sejak disahkannya Perda Nomor 6 Tahun 2013 belum sedikit pun dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintah Kota Makassar.

Karenanya, dirinya bersama teman-temannya yang lain datang menagih janji para anggota dewan agar diperhatikan dan programnya dimasukkan dalam rancangan program RPJMD Makassar.

“Kami minta poin pelaksanaan Perda Nomor 6 tahun 2013 bisa dimasukkan sebagai skala prioritas dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar tahun 2014-2019,” ujarnya.

Apalagi, tambah Bambang, pihaknya mengkhawatirkan isu disabilitas tidak dicantumkan dalam poin prioritas pada Perda RPJMD, sehingga berinisiatif mendatangi DPRD Makassar.

“Kami hanya inginkan dimasukkan dalam RPJMD, meskipun hanya satu kalimat yang penting ada penegasan terkait dengan Perda tersebut,” harapnya.

Menyikapi hal itu, Ketua Pansus RPJMD Makassar Mudzakkir Ali Djamil mengatakan pihaknya tentu akan menindaklanjuti aspirasi dari kelompok penyandang disabilitas yang telah masuk.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sulsel. Dan tentunya aspirasi ini segera ditindaklanjuti dengan melakukan komunikasi kepada Kepala Bappeda Kota Makassar agar kiranya menjadikan kebutuhan penyandang disabilitas sebagai salah satu prioritas dalam RPJMD nantinya,” sebutnya. (Antarasulsel)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.