Ketua LDII: Indonesia alami “Tsunami Sosial”

oleh -301 views

Indotimnews– Ketua Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan Hidayat Nahwi Rasul mengatakan, saat ini Indonesia sedang mengalami “tsunami sosial” yang perlu disikapi. Sehubungan dengan hal tersebut, peranan pendidikan dengan metode pendekatan bahasa hati (heart language approach) dipandang penting.

“Indonesia kini dilanda ‘tsunami sosial’ berupa banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba dan pengakses konten pornografi,” kata Hidayat disela-sela sela-sela diklat pendidikan DPD LDII Makassar yang bertajuk “Smart Teaching and Heart Language Approach” di Masjid Raodhatul Jannah, Jalan Berua Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/2/2017).

Menurut Hidayat, LDII sebagai ormas patutnya berfungsi sebagai buffer atau penahan tsunami sosial yang ada. “Kalau semua elemen di LDII bisa menjadi pembelajar yang baik, maka LDII dapat mereduksi efek tsunami sosial yang terjadi,” kata Ketua Komisi Teknologi ICMI Sulawesi Selatan ini.

Konsekuensinya, semua warga LDII harus bisa menjadi pembelajar. Teknik mengajar cerdas dengan pendekatan bahasa hati, kata Hidayat, merupakan alat untuk berdakwah. Tidak hanya dakwah secara lisan, tetapi juga dakwah dengan perbuatan. “Sehingga warga LDII sebagai pendakwah, pengajar, dan pendidik bisa menyinkronkan antara pikiran dan hati dalam melakukan tugasnya,” sebut Ketua Forum Telematika KTI ini. (*)

loading...
loading...