Home / Indotimnews / KMPPI Bakal Gugat PSI ke Bawaslu, Hari ini, Giliran ACTA Laporkan PSI ke Ombudsman

KMPPI Bakal Gugat PSI ke Bawaslu, Hari ini, Giliran ACTA Laporkan PSI ke Ombudsman

JAKARTA– Kesatuan Mahasiswa dan Pemuda Penjaga Indonesia (KMPPI) menilai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Presiden Joko Widodo telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Seperti keterangan yang jurnalis dapatkan dalam bentuk Surat Pengaduan, surat pertama yang diterima menerangkan bahwa Presiden RI telah melakukan PMH dengan tudingan diduga melanggar hukum dengan ketentuan Pasal 7A UUD 1945 dan akan diadukan kepada Mahkamah Konstitusi dan DPR RI serta MPR RI untuk memanggil Presiden RI melaksanakan Sidang Istimewa.

KMPPI juga mendesak presiden untuk turun dari jabatannya karena telah dinilai gagal dalam merawat dan menjaga demokrasi Indonesia dan telah mencontohkan melakukan perbuatan melawan hukum Presiden sudah tidak layak memimpin Negara.

Terakhir KMPPI menerangkan akan mendatangi Kantor Bawaslu RI untuk melaporkan PSI dan Mahkamah Konstitusi untuk melaporkan Presiden RI 5 Maret 2018.

Hari ini, Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan pertemuan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan beberapa pengurus PSI lainnya dengan Presiden Joko Wododo ke Ombudsman.

Wakil Ketua ACTA Novel Bamukmin menyebut pelaporan ini merupakan aspirasi dari alumni 212 agar segera melaporkan pertemuan itu ke Ombudsman.

“Kita inisiatif sendiri berdasarkan masukan aspirasi alumni 212,” kata Novel saat dihubungi, Senin (5/3).

ACTA menduga ada pelanggaran maladministrasi perihal pertemuan tersebut. Wakil Ketua ACTA Ali Lubis mengatakan, pertemuan yang dilakukan pengurus PSI dengan Presiden Jokowi itu melanggar pasal 1 angka 3 Undang-undang nomor 37 tahun 2008 tentang Ombudsman.

Saat disinggung lebih lanjut terkait pertemuan Partai Perindo dengan Presiden Jokowi di Istana, Novel mengungkapkan, pihaknya akan mempelajari konteks isi pertemuan tersebut.

“Kita akan lihat apa yang disampaikan juga. Kalau ternyata sama kita akan laporkan juga,” tutup Novel. (MI)

loading...