Kombes Pol. Edy Sukaryo: SIM online wujud pelayanan prima dan bentuk uji kompetensi pengendara ranmor

oleh -256 views

CYMERA_20151119_155513_editMakasssar– Penerapan sistem online untuk proses pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), khususnya di Polres Makassar, merupakan salahsatu bentuk pelayanan prima Satuan Lalulintas (Satlantas).

Hal tersebut disampaikan Direktur Lalulintas Polda Sulsel, Kombes Pol. Edy Sukaryo, saat ditemui indotimnews.com, di ruang kerjanya, Kamis sore (19/11).

“Penerapa sistem online itu sangat penting, indikatornya untuk falidasi data dari 34 provinsi. Artinya, Pelayanan perpanjangan SIM baik roda dua maupun roda empat bisa dilakukan di salahsatu wilayah yang sudah menerapkan sistem online,” jelas Edy Sukaryo.

Saat ditanya terkait dengan permohonan SIM baru, Dirlantas Polda Sulsel ini mengaku, bahwa sarana maupun prasarana sudah disiapkan dengan prangkat tehnologi menggunakan komputer dengan sistem yang canggih dengan menggunakan akses kontrol.

“Jadi saat ini tak ada lagi praktek percaloan setelah ditarapkannya SIM online. Dengan disiapkannya prangkat, pemohon SIM baru maupun perpanjang tak lagi sembrawutan,” tambah Dirlantas Polda Sulsel ini, sembari menambahkan hal ini sebagao perwujudan tertib dalam pengurusan SIM.

Yang terpenting kata Kombes Pol. Edy Sukaryo, pelayanan sistem online ini juga sebagai bentuk proses uji kompetensi (kelayakan) para pengendara yang sudah mengantongi SIM tersebut. Dan pemohon yang dinyatakan lulus dapat dipertanggungjawabkan karena sudah melalui proses uji teori maupun praktek.

Laporan: A. Gusthi
Editor: Zulkifli Malik

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.