Komnas Waspan RI: Ulah begal kian gila, keamanan warga Makassar terancam?

oleh -266 views

IMG_20150816_003017Makassar– Terkait dengan kian marak serta menggilanya aksi begal dengan melakukan pencurianan dengan kekerasan di Kota Makassar, menurut Komisi Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas Waspan RI), menjadi ancama besar bagi waga kota ini, khususnya kalangan pelajar.

Apalagi kasus yang menimpa dua bersaudara, siswa Madrasa Aliah Negeri (Man) Model Makasar, yang menjadi korban para begal. apalagi ke dua siswa ini, mengalami luka yang cukup serius akibat tebasan parang para pelaku kejahatan perampokan di jalan.

Sekertaris Komnas Waspan RI, Nasution Jarre menilai, meski kepolisian memaksimalkan diri dalam melakukan perburuan para pelaku begal yang setiap saat mengancam warga, seharusnya masyarakat ikut proaktif dalam menekan aksi kejahatan tersebut.

“Kami yakin, jika warga kota proaktif dalam memberi informasi berbagai bentuk aktivitas warga yang mencurigakan disekitarnya, maka kejahatan para begal akan cepat termonitor oleh aparat kepolisia,” ucap Nasution, sabtu malam (15/8/2015).

Komnas Waspan terlebih lagi menghendaki agar aparat kepolisian di berbagai wilayah sektor yang ditentukan, agar meningkatkan upaya pengamanan dan penditeksian aktivitas warga yang ada di wilayah hukum masing-masing.

Artinya, aparat hukum ini meningkatkan volume dalam melakukan patroli, agar bisa membuat para pelaku begal enggan menjalankan aksi setiap saat.

“Pelaku begal dalam menjalankan aksi saat ini lebih cenderung beroperasi di siang hari, terutama jam-jam anak sekolah pulang. Faktanya kan sasaran para begal adalah-anak sekolah,” katanya.

Nasution juga berharap, agar para petinggi kepolisian dapat memerintahkan para intelejennya untuk melakukanpantauan atau melacak kelompok-kelompok . (Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.