Home / EKOBIS / Kota Jayapura tingkatkan pelayanan publik dengan pelatihan yang digelar Ombudsman

Kota Jayapura tingkatkan pelayanan publik dengan pelatihan yang digelar Ombudsman

Indotimnews– Pelatihan Bagi Pelatih Partisipasi Masyarakat Mengawal Pelayanan Publik di Kota Jayapura yang diselenggarakan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Rabu (11/10/2017).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Abe, Jln.Abepura kotaraja, kelurahan kota baru distrik Abepura -kota jayapura Porvinsi Papua

Kegiatan tersebut dikoordinir oleh Iwangin Sabar Olif, SH (Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua) dan diikuti sekitar 30 orang,yang hadir dalam kegiatan tersebut,DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM (Walikota Jayapura)Melani P Kirihio (Asisten Ombudsman RI perwakilan Prov. Papua) Fernandes J. Bonaya (Asisten Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua) Ismail S. Marsuki (Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua),Yairus Ambon (Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua GINA R. IKARI)

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua.Iwanggi Sabar Olif, SH menyampaikan kepada peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna melatih Peserta terkait dengan Layanan Publik, karena masyarakat berada dalam urutan pertama sebagai pengawasan terhadap layanan publik, ” ucapnya.

Sementara, Walikota Jayapura sudah memberikan contoh perubahan dalam pelayanan yang diberikan Pemerintah kepada publik, sehingga ini menjadi tonggak yang baik bagi Pemerintah Kota Jayapuraita sebagai masyarakat harus ikut aktif dalam melakukan pengawasan terhadap setiap kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura.

Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM. menyampaikan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan yang ditandai dengan Pemukulan Tifa.

“Kita patut mengucapkan syukur kepada Tuhan YME karena atas berkat dan rahmatnya hari ini kita semua dapat berkumpul untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Bagi Pelatih Partisipasi Masyarakat Mengawal Pelayanan Publik di Kota Jayapura, ” terangnya.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, sehingga masyarakat dapat mengetahui kedudukan, kewenangan dan fungsi Ombudsman dalam mengawasi pelayanan publik, ” papar Walikota Jayapura.

Dikatakan, Kegiatan ini sangat tepat dilakukan, karena kita semua dapat mengetahui program dan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah kepada masyarakat khususnya di Kota Jayapura.

“Kehadiran Ombudsman merupakan jembatan bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan yang dialami masyarakat kepada Pemerintah dalam hal pelayanan publik, ” harap walikota.

Dalam memberikan pelayanan publik walikota mengakui belajar dari Kabupaten Sragen yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Pusat, dan sekarang Kabupaten yang ada di wilayah Timur khususnya Papua belajar terhadap Kota Jayapura.

“Saat ini hampir semua Instansi yang ada di Pemerintah Kota Jayapura sudah menggunakan sistem online sebagai bentuk transparansi kami kepada publik, dan kedepan kami akan memasang penggunaan APBD Kota Jayapura di beberapa titik sehingga masyarakat dapat ikut mengawasi penggunaan APBD Kota Jayapura, ” cetusnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman RI dalam mengawal setiap kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura dan sudah ada 7 (tujuh) Dinas yang mendapatkan Penghargaan dari Ombudsman RI.
Kami harapkan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua kedepan dapat menjadi mitra kerja Pemerintah Kota Jayapura dalam mengawasi pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Di seluruh tanah papua terutama di kota jayapura, ” tutup Walikota Jayapura.

Laporan: Own

loading...