Home / Indotimnews / KPK: Perlu peningkatan kemanan bagi yang hendak berantas korupsi

KPK: Perlu peningkatan kemanan bagi yang hendak berantas korupsi

Indotimnews– Terhitung telah enam bulan sejak 9 Mei 2017, penyerangan yang menimpa salah satu penyidik senior KPK Novel Baswedan. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan bahwa perlu adnya upaya peningkatan keamanan dari pihak kepolisian bagi seluruh unsur yang hendak memberantas korupsi di Indonesia.

“Kalau pelaku penyerangan terhadap penyidik KPK ataupun terhadap pihak pihak lain yang melakukan pemberantasan korupsi belum ditemukan tentu saja ini menjadi ancaman bagi kita semua bukan hanya novel, karena itulah penting nya untuk menemukan pelaku penyerangan dalam proses lebih lanjut, sepanjang itu belum ditemukan tentu proses perlindungan hukum, ‘mitigasi mitigasi’ perlindungan hukum untuk keamanan tentu terus kita lakukan tentu kita akan terus berkoordinasi dengan polri,” ujar dia.

Hal itu disampaikan Febri usai melakukan pertemuan dengan beberapa LSM pegiat anti korupsi, di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/10) sore.

Febri juga mengatakan, pihaknya menginginkan dalam hal ini kepolisian agar terus mengupayakan investigasi penyelidikan terhadap kasus penyerangan salah satu penyidik senior KPK tersebut. Hal ini dilakukan, lanjutnya, agar kepolisian dapat bekerja optimal karena kepolisian telah membentuk tim khusus yang menangani perkara itu.

“Ya, sejak selasa subuh itu artinya sudah 6 bulan, setelah penyerangan dan kita tahu pelakunya, belum ditemukan, KPK tentu saja berharap pelaku segera ditemukan dan kita berharap hal itu bisa dilakukan semaksimal mungkin oleh pihak yang berwenang dalam hal ini tentu tim yang sudah dibentuk secara khusus oleh polri kami harap dapat menemukan pelaku penyerangan,” ujar Febri kepada awak media.

Dirinya juga yakin dan berharap kepada institusi sekaliber Polri dapat dengan segera menuntaskan permasalahan yang membuat geger publik atas kejadian tersebut.

“Kami percaya polri melakukan upaya dan investigasi untuk menemukan para pelaku itu, saya rasa itu harapan KPK, harapan Novel, harapan pihak keluarga dan harapan publik juga agar pelaku penyerangan terhadap pihak pihak yang bekerja melakukan pemberantasan korupsi,” tutur Febri.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa KPK terus menjalin kerjasama dengan Polri dalam pengungkapan siapa pelaku sesungguhnya.

“Koordinasi masih terus kita lakukan. ya, karena KPK dan Polri terus berkoordinasi namun perkembangan terakhir memang belum ditemukan siapa dalang penyerangan itu, jadi kita harapkan pelaku bisa ditemukan, karena kita yakin sekali, masyarakat menunggu hal ini,” tutup dia. (Jok/swamedium)

loading...