KRI Dewa Ruci kembali berlabuh di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, 9 Juni 2016

oleh -138 views

PhotoGrid_1465312570707Makassar–  KRI Dewa Ruci, salah satu kapal legendaris milik TNI-AL  akan berkunjung ke Makaasar.

Kedatangan kapal perang yang dinanti-nantikan banyak orang, rencananya akan sandar di demaga Layang Mako Lantamal VI hari Kamis Pagi tanggal 09 Juni 2016.

KRI Dewaruci adalah kapal latih TNI AL yang sudah beroperasi selama 60 tahun dan sudah menelurkan ribuan perwira pengawal Nusantara, kunjungan ke Makassar kali ini bisa saja menjadi kunjungan yang terakhir karena kapal ini akan dipensiunkan setelah kapal penggantinya tiba ditanah air.

Berdasarkan catatan sejarahnya, KRI Dewaruci dibuat pada 1953 dengan jenis Barquentinebcm dan diluncurkan pada 24 Januari 1953, merupakan hasil pabrikan HC Stulchen & Sohn Ship Yard Hamburg Jerman.

Dengan type kapal layar tiang tinggi, bermaterial berbahan besi dan kayu memiliki panjang maksimal sekitar 59,66 meter.

Kapal tersebut ke pemerintah Republik Indonesia pada 5 Agustus 1978, masuk TNI AL pada 9 Agustus 1978 dan saat ini berada di jajaran Satuan Kapal Bantu Komando Armada RI Kawasan Timur (Satban Koarmatim).

Kedatangan KRI Dewaruci dan crew akan disambut Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup SE MM beserta staf dengan tradisi merplugh TNI AL dan Musik dari Korps Musik Lantamal VI.

Komandan Lantamal VI mengatakan, jumlah personil taruna dan taruni yang ambil bagian dalam rangka latihan dan praktek ke Makassar berjumlah 40 orang terdiri 33 taruna dan 7 taruni angkatan ke-63.

Pada kesemparan ini pula Danlantamal VI memberi kesempatan yang seluas- luasnya kepada masyarakat Kota Makassar berkunjung ke KRI Dewaruci (Open Ship) yang sandar di dermaga Layang Mako Lantamal VI dan dapat berinteraksi langsung dengan Taruna/taruni ABK KRI Dewaruci. Open Ship akan dilaksanakan pada  Hari Jumat tanggal 10 Juni 2016 pukul 15. 30 – 17. 00 Wita dan hari Sabtu tanggal 11 Juli 2016 pukul 08. 00 – 12. 00 Wita.

Selain itu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Taruna- Taruni AAL tingkat II selama berada di Makassar; antara lain kunjungan kehormatan ke Komandan Lantamal VI dan Walikota Makassar , kunjungan ke SMU di Makassar dan sekitarnya , serta Ujian Akhir Semester tentang navigasi Astronomi di atas kapal yg sedang sandar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

(Kadispen Lantamal VI Kapt Laut (KH) Suparman Sulo

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.