Home / Indotimnews / Kuliah umum Literasi Zaman Now, Rektor UMI: Abad 21 Literasi memberi keterbukaan wawasan berbasis teknologi

Kuliah umum Literasi Zaman Now, Rektor UMI: Abad 21 Literasi memberi keterbukaan wawasan berbasis teknologi

MAKASSAR– Literasi merupakan salah satu faktor yang menentukan prediksi pendidikan masa depan abad 21 Literasi memberi keterbukaan wawasan berbasis teknologi.

Penggunaan smartphone hampir tak ada jarak waktu dengan kita.selalu ada dekat kita. Karena itu dituntut kesiapan kita untuk selektif dalam memanfaatkan untuk nendukung aktivitas kita sebagai mahasiswa khususnya.

Hal ini disampaikan Rektor UMI Prof. Dr H. Basri Modding SE., MSi, sebelum membuka secara resmi kuliah umum Literasi Zaman Now untuk generasi milenial dan kewirausahaan yang dilaksanakan Fakultas Sastra yang berlangsung di auditorium al jibra Kampus 2 UMI, Senin, (15/10).

Hadir Kepal Biro INews TV, Ketua AJI, Adam, Putri Indonesia Sulsel, Dekan Fak.Sastra Prof. Dr. H Basri Dalle MS, Wakil Dekan I Dr Mulyadi, Wakil Dekan III yang juga Ketua Panitia Abdul Madjid, Kepala Humas UMI yang juga Dosen Fakultas Sastra Nurjannah Abna.

Guru besar Fakultas Ekonomi UMI, Prof. Syamsu Nujum menambahkan, sebelum ke sini ia membaca di salah satu WA, video seorang ibu asyik chat dan mengabaikan kebutuhan anaknya yang akan berangkat ke sekolah.

“Saya kira hal ini satu contoh yang bisa menjadi ibrah untuk kita, karena kecanggihan IT kita lupa tanggung jawab kita,” jelasnya.

“Anak-anakku sebagai mahasiswa harus memanfaatkan kecanggihan IT sebagai media belajar kita memacu kreativitas inovasi dan kecerdasan kita,” harapnya.

Tantangan mahasiswa, ke depan prediksi pendidikan adalah kompetensi berpikir kritis, kreativ, komunikatif, inovatif dan kolaboratif. selain itu sebagai generai milenial harus memiliki karakter moral dan kinerja.

Sementara itu kepala Biro INews TV Yusuf al Farizi, apresiasi dan terima kasih kerjasama dengan kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan kerjasama MNC group dengan Fakultas Sastra UMI ke depan berharap kerjasama ini dapat dilanjutkan di tingkat universitas.

Saya juga alumni fak.Ekonomi UMI, ujar Fahri memperkenalkan dirinya.Karena itu kami memiliki tanggung jawab moril untuk ikut mendukung pengembangan institusi UMI ke depan.

Yusuf menambahkan, di tengah kemajuan perkembangan digital meretas jarak lebih dekat melakukan komunikasi dalam berbagai aspek kehidupan.

“Hanya saja bagaimana kita menggunakan teknologi dengan baik dan tidak menyimpang ajaran Islam seperti hoax,” terang Yusuf.

Iajuga menghimbau kepada mahasiswa untuk menggunakan smartphone pada kegiatan positif, menggunakan smartphone untuk mendukung aktivitas kita sebagai mahasiswa. (*)

loading...