Kuota Haji Indonesia Bertambah, Tahun ini Sulsel berangkatkan 7.221 jamaah

oleh -281 views

Indotimnews– Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Ka Kanwil Kemenag) Sulsel H. Abd. Wahid Thahir pagi ini, Senin, (16/1/17) mengaku, Penambahan Kuota Haji Indonesia merupakan hasil lobby pemerintah RI melalui Kementerian Agama RI dengan Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia, menuai hasil menggembirakan bagi Rakyat Indonesia khususnya umat Islam.

“Penambahan Jumlah Kuota Haji di tahun 2017 ini selain menjadi Kado Tahun Baru juga menjadi Kado terbaik di Hari Amal Bakti ke 71 Kementerian Agama yang dipersembahkan untuk Rakyat Indonesia,” Ujar Ka. Kanwil Kemenag Sulsel.

Dijelaskan, pada Tahun 2016 lalu dan beberapa tahun sebelumnya, Indonesia merasakan pemangkasan Kuota haji 20 % sehingga jumlah Kuota Haji hanya berjumlah 168.000 orang.

“Dengan adanya Penambahan Kuota, Maka Kuota Normal untuk Jemaah Haji Indonesia kembali ke angka 211.000 orang, itupun masih ditambah lagi 10 ribu berarti di tahun 2017 ini, Indonesia akan menikmati jatah Kuota haji sebesar 221.000 orang,” Jelasnya.

Hal tersebut tentu berimplikasi juga ke Jumlah Calon Jemaah Haji Untuk Provinsi Sulsel, dimana Sulsel yang dulunya hanya bisa memberangkatkan jumlah jemaah haji sebanyak 5.777 orang, maka tahun Ini, Sulsel akan memberangkatkan Jemaah Calon Haji sebanyak 7.221 orang.

“Jadi ada penambahan sebanyak 1.444 JCH. itupun kita masih menunggu regulasi dari Kemenag RI melalui Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) terkait Pembagian Jatah Tambahan yang 10 ribu tersebut,’ katanya.

Akan tetapi,Kemenag Sulsel bersama Pemprov dan DPRD Sulsel serta sejumlah Stake Holder akan terus berjuang dan berharap tambahan Kuota yang 10 ribu orang tersebut bisa diberikan kepada Daerah atau provinsi yang memiliki jumlah daftar tunggu (Waiting List) tertinggi atau Terbanyak.

“Jika ini diterima dan dijadikan salah satu pertimbangan, maka Sulsel akan mendapatkan banyak jatah dari 10 ribu tambahan tersebut, karena Sulsel menjPenambahan Kuota ini juga secara otomatis akan memangkas jumlah waitinglist (Daftar Tunggu) calon jemaah,” imbuh Wahid Tahir.

“Saya kira ini Kabar gembira bagi Rakyat Sulsel. Implikasi lainnya, justru dengan adanya kabar penambahan kuota ini, bukan tidak mungkin justru Malah akan menambah animo masyarakat kita untuk ramai ramai mendaftar Haji, dengan asumsi sudah tidak lama lagi menunggu,” titahnya.

olehnya itu, selaku Ka. Kanwil Kemenag Sulsel, ia berharap kepada seluruh Aparat Kemenag di Sulsel khsusunya yang bersentuhan langsung dengan pelayanan Calon jemaah Haji, baik itu KUA, Kemenag Kab./Koty, Kabid PHU dan jajarannya begitupun juga dengan mItra kita di Perbankan penerima setoran haji agar bisa tetap istiqamah melayani calon jemaah haji.

“Dengan pelayanan yang maksimal dan cepat serta bersih, jangan ada yang main main, Ingat, Pelayanan kita di Kementerian Agama Bebas Pungli,+ Pesan Ka.Kanwil Kemenag Sulsel.

dilaporkan oleh :Mawardy SSirad/Ida
Editor: Zoel

loading...
loading...