LAN Jadi Timsel Lelang Jabatan Lurah dan Camat Pemkot Makassar

oleh -421 views

IMG_20140823_135010Makassar– Lembaga Administrasi Negara (LAN) ditunjuk menjadi tim seleksi (Timsel) pada lelang jabatan lurah dan camat di lingkup kota Makassar.

Deputi Diklat Apartur LAN, Dr. Muh Idris Msi usai bertemu Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di rumah jabatan Baruga Anging Mammiri, Jl Penghibur, Jumat (22/8) malam, mengatakan siap membantu Pemkot Makassar.

“Kita menyambut baik hal positif ini. Kita salut dengan pemerintah kota Makassar yang lebih awal masuk kearena manajemen pemerintahan kepegawaian yang baru,” kata Muh Idris

Lelang jabatan ini adalah open promotion, dimana kota Makassar memulai hal baru dipemrintah kota di Indonesia. “Open promotion ini pintu masuk kepenyehatan pemerintahan. Pemkot Makassar betul-betul berani masuk, karena mingin memperkuat birokrasi itu tidak mudah,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan poin penting dari open promotion ini betul betul mencari orang terbaik yang ada dipemrinthan, untuk mencari SDM yang bisa mengelola pemerintahan, dan terukur.

“LAN menyambut baik dan akan mensuport, paling tidak melahirkan dua jabatan yang sangat strategis yakni camat dan lurah yang terbaik yang bisa sama dengan wali kota nya,”tuturnya

Pertemuan ini hadir pula, Sekda Kota Makassar, Ibrahim Saleh, Kepala BKD, Muh Kasim Wahab, Kepala Dinas Infokom, Muhtar Tahir.

Ia menggambarkan tes yang akan muncul pada seleksi, bagaimana mereka mengelola dan mendemonstrasikan dilevel unit yang mereka punya tanggung jawab.

Kedua visi Makassar kota dunia tidak bisa dicapai kalau SDM yang tidak mendekati pemimpin dunia.

“Kita akan membantu dari seleksi SDM nya, administrasi, pemahaman manajerialnya, kemudian track rekornya,” ungkap Idris.

Untuk model tes, sambung Idris, tidak seperti ujian cpns, atau ujian masuk sekolah, tetapi lebih banyak mendemontsrasi.

“Dia juga diminta buat makala kira-kira kalau dia disitu (camat atau lurah) tanggung jawabnya seperti apa, jadi tidak hanya pintar, tapi manajerialnya,” paparnya.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengatakan sudah mengusulkan beberapa tambahan tim seleksi, mulai dari LAN, internal pemerintahan, akademisi, NGO, dan unsur pers.

“Barangkali dalam lelang ini juga akan muncul camat yang potensi dan akan dipromosi naik di SKPD. Saya maunya Senin (25/8), sudah pendaftaran,” papar Danny.

Pemkot baru-baru ini melauching smart city, pada pendaftaran nantinya juga menggunakan sitem online diwebsite resmi pemkot Makassar.(sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.