Home / Indotimnews / Lantang, LSM KAPAK Sulsel Tolak Revisi UU MD3

Lantang, LSM KAPAK Sulsel Tolak Revisi UU MD3

GOWA- Ketua LSM-KAPAK Sulsel, Khaeril Jalil SH.MH. Dan LMP Macab Gowa dan Penggiat Hukum meminta Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan ketentuan Pasal 73 ayat (3) dan ayat (4) huruf a dan c, Pasal 122 huruf k, dan Pasal 245 ayat (1) UU Perubahan Kedua atas UU MD3 karena sangat bertentangan dengan UUD 1945.

Ketua LSM KAPAK Sulsel Mengatakan, Bahwa Pasal 73 ayat (3) dan (4) huruf a dan c yang telah melegalkan pemanggilan paksa dengan bantuan polisi terhadap orang perseorangan, kelompok atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggotanya.

“Maka sangat jelas bahwa pasal ini bertentangan dengan peran dan fungsi DPR yang diatur dalam konstitusi, yakni menyerap aspirasi dan kepentingan rakyat dalam fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan sesuai Pasal 20A UUD 1945,” Ucapa Khaeril yang Juga Advokad Muda ini

Khaeril Menambahkan, Sebab pemanggilan ini merupakan bentuk pembungkaman suara rakyat dan berpotensi digunakan untuk mempidanakan suara rakyat yang sedang memperjuangkan haknya. Padahal, rakyat berhak mengontrol dan mengkritik DPR sebagai wakil mereka. Bahwa Pasal 122 huruf k dinilai telah memberi kewenangan luar biasa pada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk mengambil langkah hukum terhadap pihak yang dianggap merendahkan kehormatan DPR dan anggotanya.

“Maka, Pasal ini sangat berpotensi mengekang daya kritis rakyat terhadap kinerja DPR.
Seharusnya setiap pejabat harus siap dikritik oleh rakyat, jangan sampai anggota DPR memakai nama lembaga kehormatan rakyat untuk mengkriminalkan rakyatnya sendiri. Bahwa Pasal 245 ayat (1) yang mengatur hak imunitas anggota DPR juga sangat bertentangan dengan konstitusi (Pasal 20A ayat (3) UUD Tahun 1945,”Jelasnya,

Pasalnya, izin persetujuan presiden atas rekomendasi MKD tidak berlaku terhadap dugaan tindak pidana yang tidak berhubungan dgn tugas anggota DPR.Tolak Revisi UUD MD3 Kawal Judicial Review Demokrasi Ada Di Tangan Rakyat.

 

Laporan Fandi

loading...