Laporan dari Makkah Al-Mukarramah: Daurah Bahasa Arab Internasional Dibuka Langsung Dr. Hasan Al-Bukhari (Bag.1)

oleh -1.077 views

Oleh: Agussalim Beddu Malla

Hari Ahad tgl 1 juli 2018 M, bertepatan dengan 17 Syawal 1439 H,merupakan hari pembukaan daurah Bahasa Arab Internasional yang
Yang diadakan Oleh Universitas Ummul Qura’ Saudi Arabiah yang dibuka langsung oleh Direktur Bahasa Arab bagi penutur Asing Dr. Hasan Al-Bukhari.

Ia juga salah serang ulama dan Imam Masjid Al-Haram di Makkah Al-Mukarramah dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada seluruh peserta daurah (workshop) bahasa Arab ini dapat terlaksana sesuai rencana, demikian juga daurah adalah program tetap pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Ummul Qura’ sebagai pelaksana.

 

Oleh karena itu Ummul Qura’ sebagai pemegang amanah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk tamu-tamu dari berbagai negara mulai dari penjemputan, penginapan, konsumsi, serta layanan lainnya yaitu keamanan peserta, sopir yang senantiasa disiapkan 24 jam yang dapat mengantar ke masjidil haram untuk salat jamaah, umrah dan lainnya.

 

“Dalam pelaksaan daurah ini ada tiga hal tujuan pokok yang menjadi landasan utama yaitu daurah ini adalah Rihlah Al-Imaniah, Rihlah Al-Ilmiah, Rihlah Al-Tsaqafiyah,” jelasnya.

1. Rihlah Al-Imaniah adalah kunjungan Ibadah, semua orang tahu bahwa tujuan utama memasuki kota suci Makkah adalah untuk ibadah terutama umrah, salat jamaah di masjidil haram, karena itu kami sebagai tuan rumah dan pelaksana yang diamanahkan pemerintah memberikan fasilitas untuk kemudahan dalam pelaksanaah ibadah tersebut seperti transportasi yang siap setiap saat. Bahkan bukan hanya untuk umrah saja pihak ummul qura’ akan meberikan fasilitas untuk mengunjungi kota Rasul di Madinah Al-Munawwarah oleh sebab itu sepuluh hari yang akan datang insya Allah semua peserta akan diantar ke Madinah untuk mengunjungi atau berziarah ke Makam Rasulullah SAW.
2. Rihlah Al-Ilmiyah, tujuan kedua dari pelaksanaan daurah ini adalah kunjungan menimbah Ilmu khususnya pelatihan bahasa Arab bagi penutur asing. Tujuan utama dari undangan ini adalah adanya program pemerintah Saudi Arabiah setiap musim libur yang bertepatan dengan musim panas untuk memanfaatkan waktu luang dengan mengadakan daurah dengan mengundang berbagai negara, sebagaimana kita ketahui bahwa musim libur di Saudi sama dengan musim libur di berbagai negara, untuk mengisi kekosongan ini maka dibuatlah program Al-Daurah Al-Saifiyyah artinya workshop musim panas. Daurah bahasa Arab ini sebuah misi pemerintah Saudi sama dengan misi haji gratis, umrah gratis, namun daurah ini termasuk istimewa karena waktunya 45 hari ditambah umrah dan kunjungan ketempat-tempat yang dianggap ada nilai ibadah, ilmu dan budaya, seperti masuk musium, percetakan, perpustakaan, undangan Imam Masjidil Haram, Lembaga non pemerintah yang ada hubungannya dengan keilmuan, kebudayaan dan LSM atau lembaga sosial lainnya.
3. Rihlah Al-Tsaqafiyah yaitu kunjungan misi kebudayaan, Bangsa dan negara manapun di dunia ini senantiasa ingin dikenal dari berbagai macam budaya dan tradisinya, termasuk juga Saudi Arabiah berusaha memperkenalkan kebudayaan mereka yang tentu saja kebudayaan islam seperti tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, Perpustaan moderen yang mereka miliki, percetakan Al-qur’an, bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Islam. (Bersambung)

loading...
loading...