LBH Lentera: Ada Apa KPK Tetapkan Tersangka Calon Kapolri?

oleh -180 views

IMG_20150115_170213Indotimnews.com– Penetapan tersangka Calon Kapolri, Komjen Pol. Budi Gunawan oleh KPK terkait dengan dugaan korupsi, menimbulkan prokontra di kalangan masyarakat negeri ini.

Nah, Sekertaris Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lentera, Muh. Risal, menyayangkan keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang dinilai terlalu dini menetapkan Budi Gunnawan sebagai tersangka.

“Ini Politisasi KPK penetapan tersangka terhadap calon kapolri merupakan sebuah bencana besar bagi seluruh masyarakat indonesia, khusus untuk institusi kepolisian,” ucap Risal, Kamis (15/1/2014).

Aktivis senior ini menjelaskan, lembaga penegakan hukum ini sekarang bertindak layaknya malaikat pencabut nyawa yang bebas menetapkan status tersangka kepada siapapun.

“Keputusdan KPK itu, tanpa mengkaji dampak yang timbul akibat penetapan tersangka, terkhusus institusi ini. Penetapan ini menimbulkan pertanyaan ada apa dengan kpk dan penetapan tersangaka tersebut,” tambah Wakil Ketua LBH Lentera.

Risal menjelaskan kekecewaannya pada KPK bahwa dengan bukti yang belum cukup kuat atau belum sampai 50%, sama halnya dengan mengkebiri hak asasi manusia, seperti yg menimpa beberapa pejabat negara dan daerah.

“Jangan Hanya karena dengan bukti 20% maka orang tersebut sudah di tetapkan sebagai tersangka. Di mana letak asas praduga tak bersalah, setelah ditetapkan baru KPK mau mengumpulkan bukti yang kuat. kenapa tidak di balik aja?,” papar Wakil Ketua LBH Lentera dengan nada bertanya.

Apa lagi kasus yang membuat calon kapolri ucap Risal, sedangkan kasusnya sudah disisidik sejak beberapa tahun lalu.

“Tapi kok status tersangkanya baru sekarang…? Ada apa dengan KPKjangan sampai penetapan tersangka berdasarkan orderan dan titipan,” pungkas Rizal Wakil ketua LBH Lentera Merah Putih SulSel. (Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.