Litmas Online, Solusi Lapastika Dikala Pandemi Covid-19

oleh -37 views

Gowa – Dalam rangka tetap menjalankankan fungsi pemasyarakatan ditengah pandemi Covid 19 atau virus corona, Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa bekerjasama dengan pihak PK Bapas melakukan Penelitian Kemasyarakatan atau Litmas berbasis online Jum’at, (27/03/2020).

Dengan memanfaatkan aplikasi “Google Duo” yang dihubungkan pada komputer, pihak PK Bapas dapat menghubungi klien pemasyarakatan pada Lapas Narkotika Sungguminasa. Langkah ini merupakan inovasi sekaligus alternatif ditengah pandemi virus Corona di Indonesia, khususnya dalam Lapas.

Menurut Sinardi Kasi Bimnadik Lapas Narkotika Sungguminasa bahwa ditengah pandemi COVID-19 pemerintah telah melakukan himbauan untuk melakukan social distance dan WFH (Work From Home).

“Karena merebaknya COVID-19, pegawai banyak yang bekerja dirumah. Untuk memperlancar tugas kerja dirumah, maka PK melakukan video call tentang pemberian hak-hak warga binaan berupa pembuatan litmas klien pemasyarakatan” Ungkap Sinardi.

Lebih lanjut, Sinardi Menambahkan, Mekanisme Litmas online ini sangat mudah yaitu nomor handphone PK Bapas telah didaftarkan pada aplikasi “google duo” pada komputer yang telah disediakan khusus. Sehingga pihak PK dapat melakukan komunikasi dengan video call dengan Warga Binaan yang akan dilakukan Litma,”sebelum itu pihak PK terlebih dahulu harus menghubungi pihak Lapas mengenai data warga binaan yang akan dilakukan Litmas,” tambah Sinardi.

Sementara Kasubsi Registrasi Lapas Narkotika Sungguminasa Armin Fauzy mengatakan, kelebihan Litmas Online yaitu efisiensi maksudnya pihak PK tidak perlu lagi datang langsung ke Lapas untuk melakukan penelitian kemasyarakatan terutama ditengah pandemi Virus Corona. Meskipun prosedur litmas online ini masih perlu ditinjau lebih lanjut mengenai adanya kekurangan seperti jaringan internet yang belum stabil dan kejelasan suara perlu diperbaiki.

“Ditengah pandemi Virus Corona, Lapas Narkotika Sungguminasa telah melakukan berbagai langkah antipasi pencegahan sesuai dengan protokol dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan diantaranya layanan Litmas online ini, sosialisasi mengenai Covid-19 kepada Petugas dan Warga Binaan, penerapan kunjungan online, pemasangan banner informasi dan pemeriksaan suhu tubuh kepada petugas/tamu yang memasuki portir. Langkah-langkah ini.diharapkan dapat mencegah masuknya virus corona khususnya dalam Lapas,” kata Armin Fauzy.

Mari cegah penyebaran Virus Corona, Mari berjuang Bersama-sama, untuk Indonesia. (*)