Lounching Perdana,Komunitas Rumah Baca Bakal Turunkan Ribuan Masa Gelar Kegiatan Membaca Di Tugulufa

oleh -209 views

Indotimnews– Dalam rangka membangkitkan semangat berpengetahuan, sejumlah anak-anak muda di Kota Tidore Kepulauan yang tergabung dalam Komunitas Rumah Baca Pustaka, bakal menurunkan ribuan masa di kawasan pantai tugulufa pada awal Desember 2016 mendatang guna meningkatkan minat baca bagi generasi muda.

Menurut Ketua Komunitas Rumah Baca Pustaka Juniarti Ali kepada Indotimnews.com, bahwa kegiatan yang diselenggarakan pihaknya akan dilakukan pada saat lounching perdana komunitas tersebut pada awal desember mendatang, yang berpusat di kawasan pantai tugulufa.

Dan menariknya kata dia, dalam pelaksaan kegiatan tersebut pihaknya juga akan mendatangkan Penulis Nasional diantaranya Dewi Lestari dan Raditya Dika.

“Saat ini kami sudah membentuk panitia kegiatan, dan kami berharap dari kegiatan ini dapat merangsang semangat anak-anak muda khususnya peserta didik untuk lebih giat meningkatkan semangat baca. Jadi jumlah peserta yang kami rencanakan untuk diturunkan di Tugulufa pada puncak acara nanti itu kurang lebih berjumlah sebanyak 5 Ribu masa,” ungkapnya saat ditemui di sekretariat Rumah Baca Pusataka yang berpusat di kelurahan Soasio Kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan pada Minggu, (20/11/16).

Lebih lanjut, Wanita yang telah menyandang gelar Magister Psikologi Alumnus Universitas Indonesia Timur (UIT) makassar itu mengaku jika tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah sebagai dasar untuk meraih sukses dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat yang berbasis kepada literasi.

“Untuk stok buku yang tersedia saat ini sudah berjumlah kurang lebih 1000 judul buku, yang dimana sumbernya berasal dari partisipasi teman-teman yang tergabung dalam Rumah Baca Pustaka beserta pihak kelurahan Soasio, namun kami sangat berharap terkait dengan pengadaan buku ini sendiri bisa dibantu oleh pihak-pihak terkait sehingga komunitas ini benar-benar menjadi rumah baca yang diminati dan di butuhkan oleh masyarakat kota tidore kepulauan. karena sasaran kami, Rumah Baca yang didirikan di kelurahan soasio ini terbuka untuk umum,” uturnya.

Senada ditambahkan Salah satu Pembina Rumah Baca kedai Pustaka Abdurrahman Abubakar dia mengatakan dengan berdirinya Rumah Baca Pustaka yang digagas oleh seklompok anak-anak muda tidore ini merupakan Rumah Baca pertama di Kota Tidore Kepulauan.

Olehnya itu, sudah sepatutnya pemerintah Kota Tidore kepulauan dapat memberikan dukungan baik dalam bentuk sumbangsih buku maupuan anggaran. Pasalnya dengan kegiatan seperti pihaknya ingin mengembalikan gairah dan semangat anak-anak muda dalam membaca, sebab dengan membaca maka sudah tentu kita mengetahui tentang banyak hal.

“Sudah saatnya pola kehidupan anak-anak muda di tidore harus dirubah, sehingga dimanapun kita berada baik di warung kopi maupun dimana saja itu cerita yang dikembangkan dapat bersifat ilmiah, bukan sekedar cerita yang tidak substansi dan tidak bermanfaat. Olehnya itu, apabila wilayah-wilayah seperti ini disentuh oleh pemerintah, saya yakin dan percaya kegiatan seperti ini juga dapat membantu pemerintah untuk mensukseskan visi misi mereka ke depan, karena kegiatan ini tujuannya juga mencerdaskan kehidupan anak bangsa khusunya di Kota Tidore Kepulauan,” andasnya.

Sekedar diketahui, terkait dengan pendirian rumah Baca tersebut juga dimotivasi oleh senator Ardiyansyah Fauji yang merupakan salah satu Anggota DPRD Tikep yang telah diputuskan menjadi Ketua Pembina Rumah Baca Pustaka. Sehingga dalam waktu dekat komunitas tersebut juga akan menggelar kegiatan bedah buku yang ditulis oleh senator tersebut.

Laporan : Ute

loading...
loading...