Mahasiswa minta PT. Surya Saga Utama hengkang dari Pulau Kabaena

oleh -444 views

_20160315_221832Makassar– Kegiatan penambangan yang dilakukan PT. Surya Sag Utama di Kepulauan Kabaena, Sulawesi Tenggara, menjadi sorotan aktivis mahasiswa di daerah tersebut.

Alfian Renaldi, aktivis kemahasiswaan asal Kepulauan Kabaena pada indotimnews.com mengaku, selama beberapa tahun beroperasi perusahaan ini bukannya memberikan dampak positf pada masyarakat daerah tersebut.

“Perusahaan ini hanya  menyisahkan kesengsaraan pada masyarakat sekitar tambang. seperti pencemaran pantai yang terjadi akibat stok file yang sangat dekat, sehingga mengakibatkan berkurngnya tangkapan ikan bagi nelayan setmpat,” jelas Alfian, Selasa (15/3).

Lanjut aktivis kemahasiswaan peduli rakyat tersebut, bahkan setelah berhenti karna berlakunya PP No.1 Tahun 2014 tentang pelarangan ekspor barang mentah, perusahaan tersebut   kembali melakukan eksplorasi pada beberapa titik di wilayah Kabaena, hingga Kabaena Utara.

“Yang paling menyakitkan bagi warga kabaena karena perusahaan itu telah membongkar kuburan leluhur warga Kabaena tanpa mendapat izin warga setempat, tambahnya.

Aksi protes mahasiswa itupun telah ditunjukkan dengan aksi unjuk rasa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kabaena Makassar, Hari Senin lalu  13 maret 2016, di depan KantorPT. Surya Saga Utama yg dipimpin oleh Alfian Renaldi.

Hingga berita ini dionlinekan, mahasiswa asal Kepulauan Kabaena meminta  PT. Surya SagaUtama harus segera angkat kaki (hengkang) dari bumi Kepulauan kabaena.

Alfian dan mahasiswa Kabaena juga memintaperusahaan ini  harus segera menghentikan proses eksplorasi, dan segera melakukan reklamasi pada lahan bekas tambang. Serta PT. Surya Saga Utama  harus bertanggung jawab atas pembongkaran kuburan leluhur masyarakat Kepulauan Kabaena.

 

Editor: Zulkifli

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.