Makassar Raih WTN dari Pemerintah Pusat RI⁠

oleh

IMG_20140911_094847-1Makassar– Kota Makassar Kembali meraih penghargaan wahana tata nugeraha (WTN) dari Pemerintah Republik Indonesia atas kemampuannya menata transportasi publik dengan baik.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh menteri perhubungan RI, EE Mangindaan kepada wali kota Makassar Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto di Smesco Convention Centre, Jakarta (10/9/14).

Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Aspek penataan lalu lintas dan taransportasi darat serta penumbuhan kesadaaran masyartakat dalam berlalu lintas menjadi pertimbangan terbesar pada penilaiannya.

Sebelumnya, Makassar mendapatkan Plakat Tata Nugraha pada tahun 2010 kategori kota metropolitan.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah naik satu jejang lagi yang semula kita hanya mendapatkan plakat wahana tata nugraha sekarang kita sudah meraih tropi wahana tata nugraha tingkat kota metropolitan”, ucapnya.

Penilaian untuk kategori kota metropolitan diraih 4 kota di Indonesia yakani Makassar, Surabaya, Tangerang, dan Medan.

Menurut Danny, bukanlah semata penghargaannya yang harus dibanggakan, tetapi bagaimana progres kesdaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas bisa terus meningkat dan lebih baik dan yang paling penting adalah bagaimana macet di Makassar bisa terurai. Ia juga mengakui bahwa apa yang diraih belumlah begitu sempurna karena masih ada penghargaan setingkat di atasnya.

Karenanya Danny mengatakan bahwa dengan adanya penghargaan ini akan semakin memacu semangat Pemkot untuk ke depan lebih menyempurnakan sistim transportasi yang dimiliki seperti Terminal, publik transpor, Bus Way, Pete-Pete sebagai Feeder, dan traffict management.

Hal ini bagi Danny merupakan landasan awal untuk mewujudkan Makassar dua kali tambah baik. Untuk mewujudkannya maka akan dilakukan pembenahan organisasi, camat, lurah yang terintegrasi, infra struktur dan public taransport, ditata dengan baik serta akan ditentukan jalur-jalur khusus untuk motor dan mobil truck.

Dipuji Menteri Perhubungan, Ada yang menarik dari penerimaan tropi WTN kali ini. Danny saat maju ke depan meneri tropi WTN dari tangan menteri perhubungan, EE Mangindaan langsung mendapat pujian yang tak disangka-sangka.

“Wih, Baji’na Makassar”, ucap Mangindaan menggunakan bahasa Makassar.

Danny hanya bisa tersenyum masih tertegun mendengarkan menteri memujinya dengan bahawa Makassar.(HK/RG).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.