Mamuju Utara Bakal Dirubah Jadi Kabupaten Pasangkayu

oleh -266 views

images(266)-1Mamuju Utara– Bupati Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Agus Ambo Djiwa, akan merubah nama daerahnya menjadi kabupaten Pasangkayu.

“Banyak pertimbangan sehingga kita harus merubah nama dari Kabupaten Mamuju Utara (Matra) menjadi Kabupaten Pasangkayu dan salah satunya dari sisi historis kesejarahan daerah ini,” kata Agus di Pasangkayu, Rabu.

Menurut dia, aspek sejarah panjang Pasangkayu ini harus dilestarikan dan dijaga nama baiknya sehingga perubahan nama ini harus segera diajukan ke DPRD Matra untuk diteruskan ke Mendagri.

“Dalam waktu dekat ini kita akan bawa ke DPRD terkait pengajuan perubahan nama kabupaten Matra,” katanya.

Agus yang juga politisi PDI-P ini mengatakan, nama Pasangkayu harus di populerkan. Apalagi, selama ini kebanyakan orang-orang di pusat salah kaprah terhadap nama daerah Matra.

Contohnya kata dia, kungjungan kerja Presiden RI Jokowi sesungguhnya berniat ke Mamuju Utara terpaksa batal gara-gara salah kaprah karena menganggap Matra dan bukan Mamuju.

Persoalannya banyak merugikan daerah termasuk sisi penganggaran yang sejatinya harus ke Matra ternyata lari ke Mamuju.

“Dulu kita pernah anggaran dari pusat yang peruntukannya Mamuju Utara, tapi dana itu batal mengukur ke Matra,” kata ketua Komisi I DPRD Matra, Uksin Djalaluddin.

Uksin mengatakan, jika sekiranya usulan itu masuk ke DPRD maka ia akan langsung membahasnya untuk dibawa ke Kemendagri.

Ketua DPRD Matra, Lukman Said juga sepakat perubahan Matra menjadi kabupaten Pasangkayu dengan beragam pertimbangan

“Bukan UU tentang pembentukan Matra nomor 7 tahun 2003 tentang pembentukan Matra yang akan kami rubah tetapi ada pasal yang dirubah di dalamnya yakni nama kabupatennya saja,” kata Lukman.

Dulu, para pejuang menginginkan Kabupaten Pasangkayu, namun akibat persoalan politik maka daerah ini diberi nama Kabupaten Matra.

“Pejuang dulu membentuk Komite Aksi Pembentukan Kabupaten Pasangkayu, tapi karena persoalan geo politik kala itu maka kita rela menerima Matra. Setelah dicermati maka saatnya kita rubah kabupaten Pasangkayu. Ini akan mudah dilakukan karena saat ini kader PDIP menjadi Mendagri,” ungkap Lukman politisi senior PDI-P.

Antarasulsel

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.