Marak Pedagang Batu Bongkahan Permata di Makassar

oleh -274 views

imagesIndotimnews.com– Buming batu permata, khususnya batu akik di kalangan masyarakat, khususnaya di Sulsel, dipicu dengan banyaknya temuan bongkahan bat permata jenis agate (akik).

nyaris setiap daerah di Sulsel, muncul batu bongkahan yang beragam warna dan karakter batu. namun, hampir seluruhnya masih masuk dalam jenis batu akik, kendati jenis dan warna yang membedakan.

di Makassar sendiri, ratusan pedagang batu materil permata menyebar di setiap sudut-sudut kota. bahkan para pedagang batu bongkahan tersebut, menyiapkan pula mesin untuk mengolah dari bentuk bongkahan hingga menjadi permata untuk cincin dan liontin.

harga batu yang ditawaran pula tentunya beragam. sepeti batu akik bermtif sisik naga berharga cukp lumayan. tiap batu cincin berukuran besar (25 mm hingga 30 mm) ditawarkan seharga Rp100 ribu sampai Rp. 300 ribu.

“permata akik sisik na asal Kabupaten Enreakang banyak digandrungi pemakai bat permata. harganyapun cukup terjangkau. demikia dengan bongkahan batu ini banyak pula dikejar para pedagang permata dan kolektor dari luar Pulau Sulawesi,” papar Arman, pedagang batu bongkahan sisik naga di Jalan Hertasning, Makassar, Sabtu (21/2/2015).

Hal senada juga dipaparkan Ambo Endre, pedagang batu bongkahan dari Kabupaten Bone. batu yang diperdagangkan tersebut ak kalah menarik dengan jenis batu sisik naga.

Warna batu bonkahan itu nampak berawarna cokelat dan sudah mengkristal. dari pengakuan Ambo, jenis batu yang dijual masuk dalam kategori jenis bati obsidian.

“Batu ini ditemukan sekitar 4 bulan lalu di perbatasan Kabupaten Bone dan Sinjai. peminatnyapun cukup banyak karena keindahan serta warna batu yang menawan. kalau harga sih relatif saja,” jelas Ambo Endre.

dari pantauan medaia ini di sejumlah titi penjualan batu bongkahan di kota in, ada batu yang berasal dari Kolaka, Pangkep, Maros, Soppeng, palopo, an beberapa daerah lainnya.

yang jelas, saat ini Kota Makassar sekaan dikepun dengan maraknay para pedagang batu bongkahan permata dadakan. (zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.