Maukah batu bacan anda cepat mengkeristal? ini triknya!

oleh -2.325 views

images(9)Indotimnews.com– Banyak cara merawat batu Bacan Hitam menjadi Bacan hijau kristal. Tratment untuk mengangkat kapur atau menghilangkan hitam menjadi hijau agar selalu tampak segar dan kinclong. Sepertinya setiap pecinta Batu Bacan memiliki cara dan tratment sendiri-sendiri yang didasari pengalaman masing-masing, semua berlomba mengolah Batu Bacan miliknya menjadi Hijau dan kristal.

Ada beberapa cara yang diperoleh dari para pecinta batu akik, terutama batu Bacan. Hasil tratment yang dilakukan tentunya berbeda-beda tapi bagi agan-agan yang belum pernah mencoba tidak ada salahnya pakai cara ini. Kuncinya bahan yang berbeda serta ketekunan dan waktu tratment juga ikut mempengaruhi hasil prosesnya.

Salah satu keunikan Batu Bacan baik Bacan Doko, Bacan Palamea, Gulau, elektrik Bacan Obi dan lainnya. Batu Bacan adalah kemampuan Batu Bacan bermetamorfosis, perlahan batu Bacan hitam kandungan kapurnya akan terdesak keluar dan batu Bacan pun menghijau menjadi Batu Bacan kristal. Perubahan Batu Bacan yang masih hitam menjadi Batu Bacan Kristal inilah yang mendasari pecinta Bacan Doko dan Palamea melakukan Treatmen.

Batu bacan yang sudah mengkristal akan terlihat sangat indah, warna hajaunya tampak alami dan trasparan sehingga dapat tembus cahaya, tanpa penghalang dan membuat batu tampak jernih, walaupun mungkin masih ada bercak-bercak namun biasanya jika dilakukan perawatan yang baik dalam waktu singkat bisa bertambah jernih.

Jika anda memiliki batu bacan yang belum mengkristal secara sempurna, sesuai karakter batu yang bisa mengkristal secara alami cepat atau lambat biasanya batu akan mengkristal dengan sendirinya. Untuk memproses batu agar cepat mengkristal bisa dilakukan cara berikut ini :

1.Melakukan penggosokan pada batu scara teratur menggunakan kulit atau klaras pisang (daun pisang kering) dan bisa dilakukan saat waktu senggang.
2.Lakukan perendaman dengan air hujan atau cairan isotonik selama semalaman.
3.Keesokan harinya angkat dan jemur lakukan sekita jam 10 sampai 11 siang.
4.Kemudian gogok dengan kain lembut dan amati setelah batu mulai mendingin apa ada perubahan warna?
5.Jika belum bisa lakukan perendaman ulang dan jemur, tapi jangan terlalu lama lalu lap menggunakan kain halus.

Biasanya batu yang masih mengandung zat kapur akan tampak zat kapur di bagian permukaan batu.

Perendaman dilakukan berfungsi untuk mencairkan zat yang ada didalamnya termasuk bahan minyak atau kimia yang sebelumnya mungkin pernah dilakukan orang lain. Karena itu sebaiknya melakukan proses treatment untuk mengkilatkan batu bacan lakukan secara hati-hati untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan pada batu.

(metroterkini)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.