MC3 sosialisas pencegahan penyakit kanker

oleh -116 views

_20160316_130422Makassar– Makassar Cancer Care Community ( MC3), salah satu komunitas yang peduli dengan pencegahan penyakit kanker. Sejak mulai hadir beberapa tahun lalu secara rutin melakukan sosialisasi dan penyuluhan kanker kepada perempuan rentan terserang penyakit yang menjadi pembunuh terbesar itu.

Kegiatan rutin kembali digelar komunitas ini kerjasana Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Talamate Kota Metropolitan Makassar, Selasa 14 Maret 2015. Penyuluhan kali ini dengan peserta para pengurus dan anggota PKK tingkat kecamatan, kelurahan kader-kader posyandu dan posbindu. Demikian ditegaskan Ketua MC3, Dr.Nurlina Subair, M.Hum, di sekretariatnya, Rabu 16 Maret.

Kanker payudara merupakan penyakit paling ditakuti perempuan. Salah satu penyebabnya penyakit ini tidak dapat di sembuhkan jika ditemukan pada stadium lanjut. Padahal jika dideteksi secara dini penyakit ini sebetulnya dapat diobati sampai sembuh. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, karena bisa disebabkan oleh multi faktor, tandas Dosen Dipekerjakan Kopertis IX (DPK) di FKIP Unismuh Makassaar ini.

Sosialisasi ini bertujuan memberi pemahaman tentang gejala kanker, sehingga dapat dipahami dan dideteksi sedini mungkin. Kasus-kasus yang terjadi di Kota Makassar saat ini yang terjadi adalah meningkatnya deteksi dini kanker, menurunnya jumlah kasus stadium lanjut , sehingga sedini mungkin terdeteksi.

MC3 yang bekerja secara sukarela sudah menunjukan kepeduliaan akan bahaya kanker, memberikan informasi tetang gejala kanker dan cara deteksi dini dengan upaya dengan informasi ini akan menurunkan penderita kanker stadium lanjut. Kata Ketua TP PKK Kecamatan Tamalate, Tri Sofyan Jalil

Narasumber dalam sosialisasi itu yakni, dr Halida dan testimoni dr. IR. Renny Fatmaya, Mp. Kegiatan sosialisasi ini ditutup pemberian flayer, buku panduan cara deteksi kanker dan pemasangan pin MC3 yang dilakukan oleh Kamelia Hudly Huduri.

Laporan: Muh Yahya Musatafa

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.