Home / Indotimnews / Menag Tekankan 3 Hal Yang Harus Diwujudkan Dalam Penyelenggaraan MTQ

Menag Tekankan 3 Hal Yang Harus Diwujudkan Dalam Penyelenggaraan MTQ

MEDAN– Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan supaya MTQ Nasional ke-27 semakin berkualitas dalam semua aspek.

“Indonesia oleh dunia, dikenal sebagai negara yang amat baik dalam penyelenggaraan MTQ. Kita dicontoh, bahkan secara resmi pemerintah saudi arabia meminta kita setiap tahun menjadi penyelenggara MTQ Tingkat Internasional, Asia Pasifik”.

Hal tersebut disampaikan Menag pada pertemuan dengan Kakanwil Kemenag se Indonesia dan Pejabat eselon I & Pejabat eselon II Kemenag RI di Hotel Adimulia, Medan, Minggu (7/10).

“Ini adalah suatu kehormatan dan tantangan bagi kita sekalian. Karenanya ada tiga hal yang harus menjadi ruh, jiwa dan nyawa pada penyelenggara MTQ itu” ujar Menag.

Pertama objektivitas, menurut Menag hal yang mendasar dalam setiap perlombaan dan kompetisi adalah objektifitas. Semakin objektif pelaksanaannya maka kredibilitas akan semakin baik.

“Dewan Hakim harus mengesampingkan segala faktor subjektif yang langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi objektivitas penilaian dalam MTQ, juga segala faktor yang bisa menimbulkan konflik kepentingan yang bersifat subjektif, seperti faktor kedaerahan, kesukuan, seperguruan, dan unsur kedekatan lainnya” tegas menag.

Kedua, Profesionalitas, dan harus betul-betul diterapkan. Profesionalitas harus ada khususnya bagi dewan hakim karena merekalah sebenarnya tumpuan utama suksesnya penyelenggaraan MTQ, mereka sebagai pengadil dan penilai.

“Profesional ini perlu diwujudkan dan dihadirkan pada MTQ Nasional, serta harus dikawal kualitas pelaksanaannya termasuk di dalamnya transparansi dan akuntabilitas perhakiman,” lanjutnya.

Ketiga Akuntabilitas, supaya betul-betul bisa terwujud dalam MTQ Nasional ini.

“Kita harapkan untuk dikawal kualitas pelaksanaannya termasuk di dalamnya transparansi dan akuntabilitas perhakiman, sehingga benar-benar profesional dan objektif,” harapnya.

Pembenahan perlu kita lakukan agar tiga hal itu nantinya bisa dipertanggungjawabkan, sehingga kader-kader bisa bergerak dan termotivasi menjadi yang terbaik, tutup Menag.

Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar hadir pada pertemuan tersebut sekaligus akan menghadiri pembukaan MTQN ke-27 oleh Presiden RI Joko Widodo malam nanti, Minggu (7/10/2018).

loading...