Mengapa Kewenangan Jaksa Kerap Kecewakan Publik?

oleh -135 views

20150131_16_14_40Indotimnews.com– Kewenangan jaksa dalam melakukan penyidikan terhadap kasus tindak pidana korupsi, seringkali mengecewakan rakyat.

Dimulai dari putusan yang tidak adil hingga Jaksa yang ikut tersandung kasus korupsi. Namun tetap saja putusan seorang jaksa mesti dihormati, karena kedudukan jaksa sangat jelas dalam memutuskan kasus korupsi.

Menurut Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (GNPK) Adi Warman, jaksa memiliki wewenang tinggi dalam menetapkan hukuman bagi para koruptor. Masyarakat pun mesti menerima status jaksa tersebut dengan cara menghormati segala putusan yang dibuat.

“Kalau nanti kewenangan jaksa tidak dapat dilakukan dengan baik, maka masayarakat dapat menyuarakan aspirasinya. Namun tetap saja kedudukan jaksa sangat penting menyangkut putusan hukuman bagi koruptor,” jelas Adi saat berbincang bersama Radio Republik Indonesia di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Lebih lanjut kata Adi jika Jaksa tetap tidak memiliki integritas dalam memutuskan kasus korupis, maka kewenangan akan diserahkan pada presiden.

Presiden dapat mengeluarkan peraturan baru terkait masalah tersebut. “Jika masyarakat sudah menyuarakan kewenangan jaksa yang tidak baik, maka putusan ada di presiden. Presiden dapat mengeluarkan poin-poin penting untuk menyelesaikan masalah tersebut,” ujarnya. (mediaindonesiaonline)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.