Menjawab Keresahan Pasien RSUD AM Parikesit Tenggarong, Pria 39 Tahun ini Dinyatakan tak Terjangkit Virus Corona

oleh -197 views

KUKAR– Bertempat di ruang rapat Lantai 3 RSUD AM Parikesit Tenggarong, dilaksanakan Press conference Press Realese terkait pasien orang asing yang di duga terjangkit Wabah Corona oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Kukar (Kutai Kartanegara) dr. Martini Yulianti. Rabu (05/02/2020), pukul 10.30 Wita.

Dikegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr.Martini Yulianti didampingi oleh Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara Bapak H. Sunggono dan Kabag Ops Polres Kutai Kartanegara Kompol Boney Wahyu Wicaksoso.

Ia menyampaikan, RSUD AM Parikesit menerima pasien yang dipantau dengan ciri-ciri terjangkit virus Corona laki-laki umur 39 tahun dari Kembang Janggut dengan keluhan demam, batuk, pilek warga Negara Malaysia yang kerja diperusahaan sawit di Kutai Kartanegara 3 hari yang lalu menjadi kekhawatirran masyarakat Kembang Janggut.

“Saya tegaskan jika menurut pemeriksaan, tidak sama sekali terjangkit virus tersebut. Namun untuk menghindari keresahan pasien yang lain, kami tetap melakukan pemantau dengan menempatkan di ruang tersendiri,” ujarnya dr.Martini Yulianti.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” tambahnya dr.Martini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara Bapak H. Sunggono juga menambahkan, “bahwa bisa masuk di wilayah ini memalui prosedur Provinsi dan di kabupaten ini hanya menerima data dari Provinsi saja.”

Kabag Ops Polres Kukar Kompol Boney Wahyu Wicaksono menyampaikan, press conference ini bertujuan agar masyarakat tidak resah dan selalu menyaring informasi terkait fenomena penyakit yang mematikan ini. Dan diharapkan masyarakat tidak mudah terprovokasi atau memberikan informasi atau kabar hoax terkait wabah tersebut.

“Jangan memberikan informasi hoax terkait masalah virus corona tersebut karena bisa dijerat UU ITE No 19 tahun 2016. Dan jangan panik, tetap waspada dengan cara pencegahan yang sudah di jelaskan tim dokter Dinas Kesehatan Kukar,” kata Kompol Boney.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr.Martini Yulianti bersama tim dokter mengimbau agar masyarakat tidak resah mendengar masalah wabah virus corona. Sebab, virus tersebut tidak akan menular bila tidak kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

“Virus corona cirinya yaitu radang pernafasan pada manusia, batuk dan demam serta penularanya dari manusia ke manusia,” tambahnya dr.Martini.

Terkait cara pencegahannya, masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau gunakan masker saat batuk dan bersin. Sehingga tidak menular ke orang lain dan segera berobat jika sakit. Jelasnya dr.Martini Yulianti. (IS)

loading...
loading...