Menuju Indonesia Maju, Kemenkumham Gelorakan Pelyanan Publik Digital HDKD2020

oleh -666 views

Makassar – Meskipun berada ditengah Pandemi Covid19  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tetap melaksanakan Upacara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) secara virtual, dengan mengambil tema “Pelayanan Publik Digital Menuju Indonesia Maju” upacara ini turut diikut sertakan seluruh Kantor Wilayah dan UPT Kemenkumham yang dipusatkan di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan (27/10/20).

Rangkaian upacara yang diawali dengan laporan sejarah singkat lahirnya bangsa Indonesia dan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang dibawakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto.

Penggelaran upacara yang mengambil maskot “Merpati Putih” memiliki makna efektif dan efisien, karena merpati mampu bekerja dengan team selain itu merpati putih juga diibaratkan pekerja yang memiliki dedikasi kerja yang tinggi dan mampu menepati janji “karena merpati tak pernah ingkar janji”.

Menteri Hukum dan HAM R.I Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengamanatkan dalam revolusi digital diperlukan pada masa pandemi ink, ” Dunia bergerak, berubah secara dinamis Kementerian Hukum dan HAM R.I harus bisa menghadapi tantangan itu dengan transformasi dan revolusi. Revolusi digital, jaman ini semakin lama semakin berkembang. Kemajuan teknologi manusia begitu cepat, fenomena Revolusi Industri ini menciptakan Internet of Things, Rekayasa Genetika, Artificial of Inteligence, 5G. Dengan kemajuan ini kita bisa menghadapi pandemi Covid-19″

Yasonna juga mengimbau bahwa Indonesia memerlukan Insan yang tanggap dengan teknologi masa kini.

“Kita harus siap menerapkan digitalisasi di setiap unit. Negara Indonesia bersaing diantara yang tercepat, bekerja bisa dimana saja dan kapan saja. Kementerian Hukum dan HAM R.I.harus bisa bekerja cepat dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi informasi. Usai pandemi ini, kita sebagai insan Bangsa Indonesia, bekerja sesuai dengan Road Map. Kita punya kemauan, kemampun dan skill serta memanfaatkan teknologi maka dapat memberikan pelayanan publik dengan kualitas yang terbaik bagi masyarakat,” tambahnya.

Kepala Lapas Kelas I Makassar, Robianto menyikapi HDKD Tahun 2020 menyebutkan bahwa Inovasi digital sangat perlu pada masa pandemi ini.

“Ibarat merpati yang takakan ingkar janji. Kita harus berikan loyalitas kepada negara, berpikiran positif, berlomba-lomba secara terus menerus memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, inovasi digital sangat perlu pada masa pandemi ini sejak 2016 lalu kita telah mencanangkan birokrasi digital, saat inilah revolusi itu harus dikembangkan secepatnya,” ungkap Robi.

Selamat Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2020 ”Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan kepada kita semua guna membangun bangsa dan negara, menuju Indonesia Maju.Dirgahayu Kementerian Hukum dan HAM RI,” ucap Menteri Hukum dan HAM RI pada akhir kata sambutannya. (*)

loading...
loading...