Home / Indotimnews / Meperkuat kerukunan beragama Tahun 2018 di Jayapura dengan jalan santai bersama

Meperkuat kerukunan beragama Tahun 2018 di Jayapura dengan jalan santai bersama

Jayapura– Jalan Santai Bersama Bupati dan Wakil Bupati Jayapura yang dimulai di Halaman Masjid Almukarramah 751 Sentani Jalan Sentani Raya Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Jayapura dengan Teema “Indahnya Kebersamaan Dalam Perbedaan Menyongsong Tahun Baru 2018”.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemuda peduli kerukunan Kabupaten Jayapura yang di ikuti sekitar 200 orang, Kamis (.28/12/2017).

Selain Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan wakilnya Giri Wijayantoro Kolonel Inf Thevi J Zebua SE ( Danridam XVII/ Cend ),Letkol Inf Akmil Satria Martha YD ( Dandim 1714/ Puncak Jaya ),Mayor Inf Tunggul L ( Danyon 751/ R )Kompol Iip Syarif Hidayat, SH (Wakapolres Jayapura)

Dalam Bupati Jayapura menyampaikan, Kabupaten Jayapura, sebagai zona intergritas beragama yang harus kian diperkuat.

“Mari kita tingkatkan kerukunan antar umat beragama sesuai thema acara jalan santai pagi hari ini. Indahnya Kebersamaan Dalam Perbedaan Menyongsong Tahun Baru 2018. Semoga kerukunan dan kedamaian yang ada di Kabupaten Jayapura menjadi inspirasi kabupaten/kotamadya yang berada di provinsi Papua,” jelasnya.

Pelepasan Jalan Santai dilakukan oleh bupati dan peserta jalan santai tiba di Finis di halaman Gereja GKI Onomi Flavauw Sentani.

Sementara, perwakilan tokoh agama di Kabupaten Jayapura,Pendeta GKI Onomi Flavauw Sentani, Pendeta Jhon Absalon H SE menyampaikan , dukungan program yang telah dicanangkan oleh Bupati Jayapura yaitu Kabupaten yang berzona integritas antar umat beragama.

“Diharapkan, dengan kegiatan serupa sehingga Kabupaten Jayapura ini menjadi aman dan damai. Kami dari Gereja akan merencanakan kegiatan lepas sambut tahun baru pada tanggal 31 Desember 2017, dimana kegiatan kami harapkan adanya dukungan dari TNI Polri dan Pemda untuk membangun bersama sama kebersamaan ini serta menjaga dan menhindari hal hal yang tidak diiinginkan,” tegas Jhon.

Dikatakan, dari jemaat GKI onomi Flavauw sedang dalam tahap pembangunan sekolah mingggu dan merencanakan akan membangun dan salah satu gereja yang besar sehingga menjadi aikon bagi gereja -gereja lainnya.

Semwntara Ketua Majelis Ulama (MUI) Jayapura, Drs H Makmun Rosidi memaparkan , nikmat di negeri ini banyak sekali, hingga tidak bisa dihitung dan berharap pula harus selalu untuk bersyukur atas pemberiaan dari Tuhan.

“Janganlah kita saling membeda bedakan satu sama lainnya karena semuanya kita sama di mata tuhan,” turur Makmun.

Daniel Toto selaku Koordinator Dewan adat Sentani mewakili masyarakat adat mengucapkan selamat natal dan selamat memasuki tahun baru semoga tahun baru ini tetap aman dan damai seperti tahun tahun lalunya.

Ada beberapa usulan usulan dari masyarakat adat yaitu, menetapkan kegiatan hari ini menjadi suatu peraturan daerah agar setiap tahunnya kita dapat melaksanakan kegiatan ini ,ggar bersama sama menjaga lingkungan pegunungan Cyclop karena menjadi prioritas dan tugas kita ,Made Pase Wijaya ( Perwakilan agama Hindu) yang intinya.

Sambutan mewakili TNI Polri yang disampaikan oleh Danrindam XVII/ Cendrawasih mengakui, kegiatan ini sangat bermanfaat dan momen momen yang sangat luar biasa bagi semua serta menandakan bahwa kerukunan beragama di Kabupaten Jayapura sangat kuat dan solid.

“Mari kita bersama mendukung pemerintah daerah dan kami dari TNI Polri akan menjamin keamanan dan kedamaian di Kabupaten Jayapura,” terangnya.

Laporan; Own

loading...