Home / Indotimnews / Meriahkan HUT RI ke-73: Ini Aktivitas Mahasiswa KKN Universitas Mulawarman di Merancang Ilir

Meriahkan HUT RI ke-73: Ini Aktivitas Mahasiswa KKN Universitas Mulawarman di Merancang Ilir

BERAU KALTIM– Dalam memperingati hari ulang tahun HUT Ke 73 KKN Universitas Mulawarman bekerja sama dengan Karang Taruna Merancang Ilir yang dimulai hari kamis tanggal 9 sampai malam puncak 17 Agustus 2018, berjalan cukup ramai.

Adapun bentuk kegiatan mulai perlombaan anak kecil sampai tingkat dewasa dengan tema yang disusun semangat pancasila tumbuhkan jiwa patriot dalam bingkai kebersamaan yang di adakan langsung di Kampung merancang ilir kec gunung tabur.

Menurut Rosa mahasiswa KKN Universitas Mulawarman dari jurusan sastra inggris mengatakan, kemerdekaan tidak dirai dengan mudah tapi melalui cucuran keringat tetesan darah bahkan hiba nyawa dan kemerdekaan tidak otomatis melahirkan keadilan tidak juga otomatis menghasilkan kemakmuran.

‘Inilah momentum kemerdekaan kita peringati, jika pahlawan melunasi tanggung jawabnya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari kolenial asing maka sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus tetap menjaga persatuaan sesuai ideologi kita yaitu ideologi pancasila karna tongkat sejarah bangsa ada pada pemuda,pemuda harus mengerti nilai nilai pancasila karna pancasila merupakan Falsafah hidup bangsa indonesia,” tuturnya.

Hal senada juga yang di sampaikan oleh ketua karang taruna, Aco dalam sambutan dimomentum HUT RI 73 indonesia sedang diuji selama 73 tahun dibelakang ini,cita cita negara belum 100 persen terwujud salah satu diantarnya fakta seperti kesadaran masyrakat dalam merayakan 17 Agustus dianggap hal biasa dan menyita perhatian.

“Generasi banyak dirusak melalui narkotika, ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai pemuda yang memiliki peran strtegis untuk mengawal bangsa dan negara dan sudah sepantasnya juga kita sebagai pemuda harus berperan aktif menyadari fungsi sebagai pemuda, sebab jika ingin melihat bangsa itu baik maka lihatlah pemuda jika pemudanya tidak peduli tentunya bangsa itu akan diambang kehancuran tentu hal yang bertentangan dengan idelogi pancasila merupakan ancaman serius,” tegasnya.

Lanjut ketua karang taruna ini, untuk meminta seluruh lapisan masyrakat terutama para pemuda merancang ilir harus tetap menjaga kebersamaan demi kesatuan NKRI. (*)

loading...