Milad 67 Tahun UMI, Prof DR. H. Basri Modding SE, MSI: Tahun 2020/2021 tahun yang berat bagi semua lembaga pendidikan tinggi

oleh -75 views

Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang didirikan 23 Jini 1954, kini berusia 67 tahun.

MAKASSAR– Rabu 23 Juni 2021, Kampus UMI menggelar Milad 67 tahun, di Auditorium Al Jibra kampus 2, Jalan Urip Sumoharjo.

Dalam kegiatan milad tersebut, UMI memberikan penghargaan Doktor Honoris Cousar ke Prof Dato’ Ts. Dr. Mohd Ekhwan HJ. Toriman, Vice Vancellor Universiti Kebangsaan Malaysia.

Rektor UMI Prof DR. H. Basri Modding SE, MSI menjelaskan, Milad yang dilaksanakan ini merupakan momentum refleksi mengukur langkah kedepan untuk lebih maju lagi.

“Penganugerahan Doktor Honoris Causa merupakan suatu gelar kehormatan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada perseorangan yang layak memperoleh penghargaan berkenaan dengan jasa yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau berjasa dalam bidang kemanusiaan
Penganugerahan Doktor Honoris Causa yang dilaksanakan Universitas Muslim Indonesia sangat selektif dan bukan tanpa alasan, karena proses ini melalui kajian akademik secara mendalam dan dirapatkan dalam senat universitas,’ papar Rektor UMI.

Dijelaskan, penganugerahan Doktor Honoris Causa tahun ini merupakan ketiga kalinya. Pertama, Tahun 2018 Dr. (HC) HM. Yusuf Kalla saat itu menjabat sebagai Wapres RI, Keputusan pemberian gelar Doktor Honoris Causa tidak lahir begitu saja.

“Bapak H.M. Jusuf Kalla, merupakan sosok ekonom dan politikus yang tidak hanya berteori namun juga terlibat langsung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kemasyarakatan dalam penguatan rasa kebangsaan dalam bingkai NKRI. Berbagai terobosan dan kebijakannya mendapat pengakuan baik dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

Sementara diakui, Tahun 2021, merupakan tahun ketiga menjalankan amanah sebagai pimpinan UMI. Tahun 2020/2021 bisa diklaim sebagai tahun yang berat bagi semua lembaga pendidikan tinggi, tidak terkecuali Universitas Muslim Indonesia (UMI). Corona Virus Disease (Covid19) berhasil memprorak-porandakan seluruh aspek kehidupan, sehingga bertahan dan terus produktif adalah satu-satunya cara agar tidak digilas oleh situasi.

“Dalam waktu satu tahun lebih, meski di tengah gempuran Corona Virus Desease (Covid-19), tidak menyurutkan gerak aktivitas civitas akademika UMI dengan berbagai kegiatan produktifitas dilaksanakan secara daring melalui berbagai platform, work from home, pembatasan fisik atau physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19. Penerapan pembelajaran daring, kegiatan ilmiah, seminar dannlainnya,” terang Prof DR. H. Basri Modding SE, MSI.

Dalam Milad 67 Tahun UMI, Rektor juga memaparkan kesuksesan yang diraih kampus tersebut.

Pada Tahun 2020/201 UMI mencatat prestasi gemilang:
1. UMI berhasil berada di posisi 64 dalam klasterisasi perguruan tinggi dari 2136 kampus se-Indonesia. Sebelumnya UMI berada di posisi 104 dalam pemeringkatan perguruan tinggi oleh Kemendikbud RI.

2. Di ujung tahun 2020, Universitas Muslim Indonesia meraih penghargaan Perguruan Tinggi Swasta terbaik se Sulawesi dalam Award LLDikti Wil. IX Sulawesi.

3.Selain PTS terbaik di wilayah Sulawesi, UMI juga meraih beberapa nominasi dan penghargaan terbaik diantaranya terbaik dalam persentase capaian sertifikasi pendidik tertinggi kategori universitas, dan kategori terbaik perguruan tinggi swasta dengan kinerja terbaik se-Sulawesi dan peningkatan kinerja tertinggi kategori universitas.

4. UMI menempati rangking 68 dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia dalam pemeringkatan Kemenristekdikti Science and Technology Index (SINTA) Tahun 2020.

5. UMI menempati Rangking 98 Perguruan Tinggi Islam terbaik di Dunia Versi Unirank, Tahun 2021
UMI menempati Rangking ke 29 Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia, versi Webometric Tahun 2021. (*)

loading...
loading...