Home / Indotimnews / MTQ Nasional XXVII Dibuka Presiden, 53 Peserta Asal Sulsel Disupport Kanwil Kemenag

MTQ Nasional XXVII Dibuka Presiden, 53 Peserta Asal Sulsel Disupport Kanwil Kemenag

**Jokowi Pukul Beduk Pembukaan MTQ Nasional XXVII**

Medan — Banyak warga masyarakat yang tidak dapat masuk ke arena pembukaan MTQ XXVII tahun 2018, hal ini dapat dilihat dari Ribuan warga masyarakat kota Medan dan sekitarnya yang sangat antusias menyaksikan acara pembukaan MTQ XXVII yang secara resmi di buka oleh Presiden RI bapak Joko Widodo yang ditandai dengan pemukulan beduk di arena MTQ XXVII lapangan ASTAKA Medan pada malam Senin, 7 Oktober 2018.

Sebelumnya, Menag RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan dalam laporannya bahwa peserta yang mengikuti lomba ini berjumlah sekitar 1550 orang dari seluruh Indonesia, MTQ menemui urgensinya tidak sekedar melakukan lomba tilawah tetapi juga kaligrafi, penulisan ilmiah, tafsir, dan pejelasan isi al qur’an.

Menag menyebutkan bahwa dalam penyelenggaraan MTQ XXVII kali ini dilakukan beberapa inovasi baru seperti :

1. Penggunaan teknologi informasi berupa E-MTQ untuk pendaftaran peserta dan finger print bagi peserta saat akan tampil, serta e-macro untuk dilihat materi lomba sampai dengan proses penjurian melalui aplikasi sebagai bentuk adaptasi terhadap era digital, hal ini membuktikan bahwa syiar keagamaan tidaklah jumud/stagnan tetapi juga dinamis sesuai perkembangan zaman.

2. Dibuat kode etik hakim sebagai upaya menjaga kesucian al qur’an melalui keluhuran perilaku hakim, yang sebelumnya dilakukan rekrutmen dewan hakim.

3. Tersedianya layanan publik sebagai bentuk hadirnya pemerintah di tengah masyarakat seperti konsultasi syariah, konsultasi pernikahan dan keluarga sakinah, zakat dan wakaf serta metode 60 menit baca al qur’an.

“Dengan dukungan semua elemen dan umat beragama serta seluruh pihak terkait, MTQ XXVII kali ini mampu memperkuat modal sosial kita dalam mempererat kesatuan dan persatuan bangsa serta mengokohkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama dalam semangat Bhineka Tunggal Ika” pungkas Menag RI.

Pembukaan ini di hadiri oleh seluruh kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi se Indonesia, para Gubernur dan Kepala Daerah se Sumatera Utara, serta para tamu undangan lainnya.

Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar di dampingi oleh para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Sulsel turut mensupport para peserta kontingen Sulsel yang berjumlah 53 orang yang mengikuti 8 cabang dan 25 golongan lomba.

Sehari sebelum pembukaan MTQ XXVII (6/10/2018) berlangsung beberapa acara berupa pembukaan pameran UKM dan food halal di halaman gedung serbaguna pemprov Sumut, pelantikan dewan hakim yang dilakukan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin, pertemuan para Kakanwil se Indonesia dengan Sekjen Kemenag dan Pejabat eselon I dan II serta pertemuan dan arahan Menag kepada para Kakanwil dan para Rektor Perguruan Tinggi Negeri.

MTQ ini akan berlangsung hingga 13 Oktober 2018, di mana pada acara pembukaan MTQ XXVII warga masyarakat turut dihibur oleh kehadiran grup musik BIMBO yang cukup mengobati rasa rindu penggemarnya akan lagu-lagu religius.

loading...