MUI Mamasa Ajak Warga Ciptakan Pilkada Aman, Lancar dan Demokratis

oleh -425 views

MAMASA– Tinggal menunggu pelaksanaan Pilkada serentak, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mamasa, Sulbar, memgharapkan seluruh lapisan masyarakat di daerah itu, memciptakan iklim demokratis yang aman.

Berikut penjelasan MUI (majelis ulama indonesia) terkait pilkada Mamasa yang ditemui d ruangannya (senin,16/04/2018) Ramly. L, S.Ag, M.Pd.i selaku ketua MUI kabupaten Mamasa menghimbau :

1. Majelis Ulama Islam (MUI) Kab. Mamasa mendukung pelaksanaan proses Pilkada Kab. Mamasa 2018 agar dapat berjalan dengan aman dan lancar serta demokratis.

2. Untuk mensukseskan Pilkada Kab. Mamasa 2018 yang berjalan dengan aman, damai dan demokratis, maka harus:
a. Dalam pelaksanaan Pilkada Kab. Mamasa 2018 dilaksanakan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku,.
b. Penyelengara Pilkada Kab. Mamasa 2018 dalam hal ini KPU Kab. Mamasa dan Panwaslu Kab. Mamasa melaksanakan tupoksinya harus professional dan proporsional berdasarkan dengan aturan yang berlaku, dan juga integritas serta sikap netralitas tetap dijaga. Dimana penyelenggara Pilkada merupakan roda utama suksesnya pelaksanaan Pilkada Kab. Mamasa 2018 serta tidak mau terintervensi oleh pihak manapun.
c. Perlunya sikap Netralitas dari Polri, TNI dan ASN maupun pihak lainya yang berkepentingan.
d. Menolak segala bentuk Politisasi SARA, Black Campaign, Money Politic, Berita Hoax dan Ujaran Kebencian khusunya terkait Pilkada Kab. Mamasa 2018 yang mana ini semua bertentangan dengan Undang-Undang.
e. Tetap menjaga kerukunan antar umat beragama di Kab. Mamasa sebelum, saat dan setelah pelaksanaan Pilkada Kab. Mamasa 2018 walaupun berbeda agama, suku, budaya maupun berbeda dalam pilihan politik.
f. Semua pihak harus berkomitmen sama-sama berkontribusi menjaga jalanya Pilkada Kab. Mamasa 2018 agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan demokratis.

3. Dalam Pilkada Kab. Mamasa 2018 masyarakat harus bebas memilih dan menentukan pilihanya dan jangan ada interpensi ataupun intimidasi dari pihak manapun.

4. Budaya Money Politic yang ada di masyarakat harus cepat ditangani dengan baik dan tegas.

5. MUI Kab. Mamasa telah melakukan sosialisasi ke masyarakat baik di tempat-tempat ibadah, ceramah-ceramah maupun khotbah jumat terkait pilkada damai dan juga menolak Politisasi SARA, Black Campaign, Money Politic, Berita Hoax dan Ujaran Kebencian, karena hal tersebut dapat mencederai rasa persatuan dan kesatuan bangsa, dapat mengerogoti kerukunan dan toleransi antar umat beragama serta merusak tatanan nilai demokratis.

6. MUI Kab. Mamasa akan bersikap netral namun akan ikut membantu dalam pengawasan jalanya proses tahapan Pilkada Kab. Mamasa 2018 dan juga ikut menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif serta akan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agat ikut mensukseskan Pilkada Kab. Mamasa 2018.

Laporan: Kristian Parangka

loading...
loading...