Musyawarah Olahraga Kota KONI Jayapura Tahun 2017: “Satu Hati Membangun Olah Raga Meraih Prestasi PON XX Tahun 2020 di Papua”

oleh -749 views

Indotimnews– Musyawarah Olahraga Kota KONI Jayapura Tahun 2017 digelar dengan Tema : “Satu Hati Membangun Olah Raga Meraih Prestasi PON XX Tahun 2020 di Papua”.

Melalui Musorkot KONI Jayapura Tahun 2017 meraih prestasi olahraga menuju jenjang juara tingkat daerah, regional, nasional dan internasional yang dikoordinir Asisten II Sekda Kota Jayapura Drs. M.Nurjainuddin Konu, M.kp yang juga menjabat Ketua Panitia.

Kegiayan ini dikuti sekitar 60 orang perwakilan dari masing masing cabang olahraga, di Gor Waringin Kotaraja Distrik Abepura, Senin (20/11/17).

Kegiatan Musorkot KONI Jayapura Tahun 2017 dihadiri oleh, Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tommi Mano, MM (Ketua Umum KONI Kota Jayapura) Wakil Ketua III bidang organisasi KONI Provinsi Papua Kenius Kogoys, SP, M.Si.

Rangkaian kegiatan ,diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pdt. Petrus Imjliana, S.Th yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya Serra sambutan Wakil Ketua III Bidang Organisasi KONI Provinsi Papua Keniud Kogoya, SP, M.Si.

“Saya mengucapkan trimkasih kepada bapak Walikota Jayapura sebagai ketua KONI sudah menggagas dengan cepat terlaksananya Musorkot KONI Jayapura Tahun 2017.
Bahwa Ivent – ivent seperti ini yang dapat membuktikan Papua adalah bagian dari Indonesia karena bisa menjadi Tuan rumah dan melaksanakan PON XX tahun 2020 di Provinsi Papua, ” jelas Kenius.

Dijelaskan, ada hal yang perlu kita berikan apresiasi terhadap pemimpin kita gubernur Papua dan walikota Jayapura karena telah menggagas pon tahun 2020 dapat dilaksanakan dipapua, karena event seperti ini bagi orang diluar papua merupakan sesuatu yg impasible dan sampai hari ini org masih bertanya tanya apakah jadi dilaksanakan atau tidak mengingat infrastruktur di papua yang tidak berjalan dengan baik.

“Sebagaimana visi dan misi bahwa gubernur papua tetap optimis agar PON xx tahun 2020 tetap dapat terlaksana Sehingga hal tersebut perlu mendapat dukungan dr seluruh komponen yg terlibat,” tambahnya.

Kota jayapura merupakan barometer di Papua dimana seluruh orang dari segala penjuru negara ini ada disini sehingga kita harus berbenah diri untuk sukseskan PON ke XX, baik secara infrastruktur maupun prestasi para atlet agar smuanya harus kita siapkan agar dapat bersaing secara baik dalam pergelaran PON XX tahun 2020.

harus ada Kesiapan dari pemerintah daerah untuk bisa menyiapkan diri pada saat PON XX tahun 2020, ini karna kabupaten yang terdekat dengan ibu kota provinsi merupakan penyanggah untuk mengelar ivent tersebut agar bisa menyukseskan PON 2020.

“Dengan diselenggarakannya Musorkot KONI Jayapura Tahun 2017 diharapkan smua Koni daerah yang masuk sebagai peserta untuk menyampaikan pendapat dan pikirannya serta bukan hanya hadir sebagai pelengkap, ini semua demi terwujudnya harapan kita bersama, ” papar Wakil Ketua III Bidang Organisasi KONI Provinsi Papua.

Diketahui, kota ini akan menjadi pusat kegiatan PON ke XX, tentu cabang olahraga yang akan dipertandingkan sangat banyak sehingga pemda setiap kabupaten dan kota harus betul – betul siap dan tidak hanya mengharapkan dari KONI saja serta Bagaimana kita harus menyambut kegiatan ini dengan membangun infrastutur secara baik.

“Kita harus membangun Sistim SDM dari berbagai macam cabang dengan baik untuk penjaringan atlit-atlit yang berada di daerah agar mendapatkan atlit-atlit yang siap bertanding dan mendapatkan prestasi di tinggkat Daerah,Regional,Nasional dan Internasional.

Sementara Walikota Jayapura memjelaskan, di Provinsi Papua ini krisis akan atlit – atlit Karna frekuensi pembinaan usai dini itu jarang ada di Provinsi Papua maupun kabupaten/Kota karna kurangnya perhatian.

“Kalau saya melihat dikota persiapan sdh luarbiasa tinggal kita perbaiki dan rehap sedikit,” Tarang walikota.

Diakui, kehadiran PON ini sangat bergengsi dan membawa dampak luar biasa baik bagi pertumbuhan ekonomi dan lain lain, untuk itu sistim harus kita bangun dengan baik dan hal itu bisa terwujud dengan adanya SDM yang mumpuni.

“Harus ada evaluasi setiap tahunnya, kami di KONI provinsi setiap tahun melakukan rapat anggota karena dalam anggaran dasar menjadi bagian sistem yang harus disusun secara terpadu, ” terangnya.

Lanjut Benhur, olahraga saat ini sudah harus belajar dari negara-negara luar tetkait IPTEK, karena diseluruh dunia sdh berpacu dengan IPTEK bagaimana meningkatkat prestasi dipadukan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Hal tersebut menjadi contoh agar kita juga dapat berpacu dengan IPTEK agar prestasi kita dapat menjadi lebih baik.
Iptek ini mempunyai peran yang sangat penting agar dapat membantu atlit dalam memacu meraih prestasi, untuk itu sistim harus dibangun dengan menyiapkan SDM simulai dari pelatih yang baik dan berkualitas, ” Cetus Benhur.

Yang jelas menurit walikota, olahraga juga di gunakan sebagai sarana untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa khusunya bagi masyarakat Papua.

“Hal ini tentunya dapat di capai hanya dengan prestasi yang membanggakan di bidang olahraga sebagai organisasi yang membawahi olahrag , KONI serta jajarannya berkewajiban untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan visi dan misi organisasi, ” tutur Benhur.

Iapun berharap kepada peserta MUSORKOT agar ada ide-ide positif yang dapat di tuangkan pada program kerja terutama dalam mempersiapkan diri menghadapi PON 2020 .

“Kekurangan pada masa lalu hendaknya menjadi bahan evaluasi untuk terus bekerja lebih baik kedepannya ,dengan misi perubahan dan Yang paling prinsip adalah bagaimana visi,misi,strategi dan program kerja yang telah disusun agar dapat dilaksanakan dan tepat sasaran, ” tegasnya.

Momen MUSORKOT ini dilaksanalan sejalan dengan MUSORPROV KONI Papua ,saya menghimbau kepada setiap CABOR dapat mensinergikan setiap program bersama KONI Kota Jayapura yang tentunya mengarah pada tujuan dan sasaran yaitu menuju prestasi PON 2020.

Pemerinta Kota Jayapura senantiasa selalu memberikan dukungan pada setiap cabang olahraga yang bersungguh-sungguh bekerja maksimal menviptakan atlit berprestasi demi mengharumkan nama Kota Jayapura ,Papua dan Indonesia .

Laporan: Own

loading...
loading...