Nah, Tak Ada Lagi Dinasti Politik di Pilkada

oleh -200 views

20150120_15_08_08Indotimnews.com– Anggota Komisi II DPR RI, Azikin Solthan menyebutkan Perppu Pilkada besar kemungkinan diterima dan pemilihan kepala daerah secara serentak, termasuk di Sulawesi Selatan, tidak akan bisa menyertakan dinasti politik.

“Kami baru menggelar rapat pandangan fraksi. Meski masih banyak poin yang harus diubah, tetapi besar kemungkinan Perppu ini akan diterima,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler dari Makassar, Senin.

Azikin mengatakan, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Wali Kota dan Bupati hampir pasti diterima oleh DPR. Termasuk poin yang mengatur tentang pembatasan dinasti politik.

Legislator Partai Gerindra ini mengungkapkan, Perppu Pilkada sudah akan diparipurnakan beberapa hari lagi. Mengenai dinasti, Azikin menegaskan, dunia demokrasi sudah tidak mengenal hal itu.

“Catat itu, dalam dunia demokrasi tidak dikenal adanya politik dinasti. Tidak boleh lagi ada kekuasaan yang turun temurun. Kekuasaan harus di-rolling,” terangnya.

Azikin menambahkan, setelah Perppu Pilkada disahkan, maka sudah bisa dipastikan putra mahkota tidak bisa ambil bagian dalam pesta demokrasi tahun ini.

“Intinya itu, tidak ada putra mahkota yang bisa ikut pilkada. Ini bukan di Sulsel saja, tapi se Indonesia,” katanya.

Hal senada diungkapkan legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI, Amir Uskara. Dia menuturkan bahwa Perppu Pilkada segera dibawa ke paripurna.

“Saya rasa tidak ada lagi poin yang dipermasalahkan dalam perppu. Hampir pasti perppu diterima,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sulsel ini.

Diketahui, sejumlah putra mahkota disebut bakal ikut meramaikan pilkada nanti. Mereka adalah Adnan Puritcha Yasin Limpo (putra Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo). (Antarasulsel)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.