Obati penyakit maag anda dengan jenis tanaman ini

oleh -496 views

images(4)Indotimnews.com– Penyakit Maag radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Biasanya maag disebabkan karena penderita makannya tidak teratur, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Gejala maag dapat berupa, sakit saat buang air besar, mual dan muntah, sering merasa lapar, perut kembung dan nyeri yang luar biasa. Maag dikategorikan ke dalam beberapa tahapan, yaitu, maag ringan, maag sedang, maag kronis dan kanker lambung.

Berikut Tumbuhan Untuk Obat Maag Yang Bisa Anda Coba di Rumah :
Kunyit
kunyitSifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.

Caranya:

diperlukan 2 jari tangan kunyit. Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil airnya. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. (Tumbuhan Untuk Obat Maag)

Kemangi Hutan / Lampes (Ocimum sanctum)
kemangi hutanKemangi hutan berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 – 1,50 m. Dapat ditemui di seluruh Jawa dari dataran rendah.

Caranya:

Sebagai obat tukak lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari. (Tumbuhan Untuk Obat Maag)

Lidah buaya (Aloe vera)
lidah buayaAloenin dan Magnesiun laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung.

Caranya:

Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak 2 kali. Untuk memperbaiki rasa gel bisa diberi madu secukupnya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini. ( Tumbuhan Untuk Obat Maag )

Kamomila (Matricaria recutita)
kamolilaDi Jawa Barat, tanaman kamonila dikenal sebagai teh kembang. Dulu di Garut kamomila digunakan sebagai bahan tambahan teh hijau.

Caranya:

1 sendok teh bunga kamomila. Air panas sebanyak 150 ml dituangkan ke dalamnya, didiamkan selama 5 – 10 menit, lalu diminum. Frekuensi meminumnya 3 – 4 kali sehari. (Tumbuhan Untuk Obat Maag)

Kencur (Kaempferia galanga)
kencurCaranya:

1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari. (Tumbuhan Untuk Obat Maag)

Cincau (Cylea barbata)
daun cincauCaranya:

1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc. (Tumbuhan Untuk Obat Maag)

Meniran (Phyllanthus niruri)
meniran

Tanaman ini merupakan tanaman terna yang tumbuh tegak pada tempat lembab dan berbatu.

Caranya:

Cuci, lalu merebus segenggam daun meniran dalam 3 gelas air bersih. Merebusnya dilakukan hingga volume airnya tinggal setengahnya. Sesudah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya. Cara ini dilakukan 3 kali dalam sehari. (Tumbuhan Untuk Obat Maag)

Labu Siam
labu siamLabu siam adalah salah satu sayuran yang bisa kita pergunakan untuk mengobati maag stadium awal. Buah ini mudah didapatkan dimanapun dipasar-pasar. Tanaman menjalar ini gampang sekali tumbuh didataran tinggi yang berhawa dingin. Namun ia juga bisa tumbuh didataran rendah asal ditanah yang lembab.

Cara menanamnyapun juga sangat mudah. Ambil labu siam yang tua, yang buahnya sudah merekah diujungnya, kulitnya tebal dan kasar, langsung saja ditanam ditanah yang sebelumnya digali secukupnya dengan diberi pupuk kandang. Setelah itu cukup disiram dengan air 1 gayung setiap sore dan biarkan dalam beberapa hari maka ia akan tumbuh tunasnya. Rawat dengan menyiram air setiap sore maka ia akan tumbuh dengan sendirinya. Kalau sudah mulai menjalar, buatkan ia anjang-anjang tempat untuk ia merambat.

Daun Ungu
daun ungubanyak dikenal sebagai daun yang bisa untuk mengobati wasir atau ambeien. Namun sebagai alternatif darurat saya pernah menggunakannya untuk obat maag ketika saya muntah mengeluarkan darah, dan ternyata Alhamdulillah tidak lama kemudian setelah saya mengunyah 1 lembar sedang dari daun ungu, muntah saya tidak mengeluarkan darah lagi, meskipun lambung masih terasa sakit. Lalu sesudah itu, setiap hari, pagi sesudah makan saya mengunyah lagi selembar daun ungu yang sedang besar dan tuanya ( bukan yang muda atau kuncup dan bukan yang tua, tapi yang sedang usianya ).

Daun Pegagan
pegaganBahan : Daun pegagan 10 gr, Pupus daun pepaya 5 gr, Daun sruni putih 10 gr , Kencur diiris-iris 5 gr, Sembung legi 5 gr, Air matang

Cara Pengobatan : Cuci sampai bersih daun pegagan, pupus daun pepaya, daun sruni putih, kencur dan sembung legi. Ambil kencur untuk diiris-iris seperlunya. Campur semua bahan lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan air matang secukupnya. Minum obat sakit maag ini sampai sembuh.

Temulawak
temulawakCara mudah menggunakan temulawak adalah dengan memotong temulawak yang telah dibersihkan menjadi tipis lalu rebus bersama 5 gelas air hingga mendidih dan air menyurut menjadi 3 gelas. Kemudian gunakan air temulawak tersebut sebagai obat dengan diminum 3 kali sehari sebanyak satu gelas pada setiap satu jam sebelum makan, dan lakukan secara rutin hingga sembuh.

Beberapa tumbuhan untuk obat maag diatas dipercaya oleh masyarakat secara turun temurun. Dan bagi anda yang menderita sakit maag atau lambung, anda bisa mencoba ramuan alami dari tumbuhan tersebut.

(pengobatanalami88)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.