Olah TKP kecelakaan tunggal menewaskan 6 penumpang di Takalar gunakan alat tehnologi “Traffic Accident Analysis”

oleh -349 views

Makassar– Pasca kecelakaan tunggal yang memewaskan 6 penumpang mobil jenis Ayla di Jalan poros Lingkungan Mangadu Kelurahan Mangadu Kecamatan Manggarabombang, Kabupaten Takalar Sulsel, Jumat 22 Desemner 2017 , pihak kepolosian, Ditlantas Polda Sulsel, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sudah tak menggunakan metode lama.

Dalam keterangan persnya, Sabtu (23/12/17), Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol. Agus Widjayanto yang didampingi Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, bahwa saat sekarang ini, Polisi Lalu Lintas saat melakukan olah TKP sudah tidak menggunakan metode sistem yang lama, akan tetapi juga sudah menggunakan sistem teknologi.

“Dengan menggunakan peralatan dengan sistem tehnologi, akan mencapai hasil mirip dengan kejadian sebenarnya,” ucap Dirlantas Polda Sulsel.

Agus Wijayanto menjelaskan, bahwa sistem teknologi ini dapat menjelaskan kejadian di TKP atau diperagakan ulang.

“Saat ini kita olah TKP dengan menggunakan alat bernama Traffic Accident Analysis (ATT) dengan menggunakan alat laser tiga dimensi,” ujar Agus.

Penggunaan alat tersebut lanjut Agus, hanya ditugaskan tiga orang yaitu IPDA Aliyadi, Bripka Andi Syahrir dan
Briptu Irdam Gatot Satria untuk mengoperasikannya karena alat terbilang rumit atau susah.

Agus menuturkan bahwa dengan menggunakan laser tiga dimensi ini, hasilnya bisa hampir mendekati dengan kejadian, atau bisa dibuat sebagai rekontruksi karena hampir menyerupai kejadian sebenarnya.

Lebih jauh Agus berharap, bahwa nantinya alat ini bisa ditambah di Polda Sulsel karena alat ini terbilang cukup mahal sehingga untuk saat ini kita masih memaksimalkan pengoperasiannya.

“Alat ini seharga Rp 2 Milyar dan juga mempunyai laptop khusus juga seharga Rp 48 Juta,” tutupnya .

Editor; Zoel

loading...
loading...