Operasi Patuh 2019, Kasat Lantas Polrestabes Makassar: Akan Tindak 8 Pelanggaran Prioritas Fatalitas Kecelakaan Lalulintas

oleh

MAKASSAR– tinggal menghitung hari saja, Hari Kamis 29 Agustus 2019, Operasi Patuh serempak akan digelar di seluruh wilayah Indonesia hingga Tanggal 11 September 2019.

Operasi ini pun diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan dijalan raya dan menekan angka pelanggaran lalu lintas,.

Nah, rerkait Operasi Patuh 2019 ini, Kepala Satuan Lalilintas Kepolisian Kota Besar (Kasat Lantas Polrestabes) Makassar, Kompol Yusuf Usman menghibau warga masyarakat khususnya di Kota Makassar agar lebih disiplin , sabar dan menghargai sesama Pengguna jalan yang lain.

“Pelaksanaan Oprasi Patuh 2019, akan di gelar selama 14 hari serentak di seluruh Indonesia, di mulai tanggal 29 Agustus s.d. 11 September 2019,” ucap Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Sabtu (24/8).

Ia mempertegas akan menindak 8 jenis pelanggaran yang menjadi Prioritas Fatalitas kecelakaan Lalu lintas antara lain ;
1. Melawan arus
2. Tdk menggunakan helm SNI
3. Menggunakan HP PD saat berkendara
4. Berboncengan 3 atau lebih
5. Mengemudi blm cukup umur
6. Tdk menggunakan safety belt
7. Menggunakan Rotator/ Strobo
8. Pelanggaran batas kecepatan.

Sekedar menambahkan tentunya publik mau tau apa itu Operasi Patuh?

Operasi Patuh adalah aksi simpatik yang dilalukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan.

Tujuan utamanya untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Jika pelanggaran berkurang, maka keselamatan berkendara akan meningkat, demi menurunkan pelanggaran lalu lintas, dan melalukan tindakan preventif sedini mungkin, persuasif dan penegakan hukum pengendara kendaraan bermotor agar disiplin, tertib dan safety.

Laporan: Zulkifli