Opini: Korupsi Dari Berbagai Aspek Pengertian

oleh -441 views

IMG_20141221_162021

Oleh: A. Tamrin

Pada era saat ini, korupsi seakan-akan menjadi sebuah istilah yang sudah biasa kita dengar.

Namun sebagian besar dari kita masih belum mengetahui dari pengertian korupsi. Di sini saya akan memberikan beberapa pengertian korupsi dari berbagai sumber.

Istilah korupsi berasal dari bahasa latin : Corruption dan Corruptus yang mempunyai arti buruk, bejad, menyimpang dari kesucian, perkataan menghina, atau memfitnah.

Sedangkan pengertian korupsi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (W.J.S. Poerwadarminta) adalah sebagai perbuatan curang, dapat disuap, dan tidak bermoral.

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, korupsi adalah penyelewengan atau penggelapan uang negara atau perusahaan dan sebagainya untuk kepentingan pribadi maupun orang lain.

Sedangkan di dunia internasional pengertian korupsi berdasarkan Black Law Dictionary yang mempunyai arti bahwa suatu perbuatan yang dilakukan dengan sebuah maksud untuk mendapatkan beberapa keuntungan yang bertentangan dengan tugas resmi dan kebenaran-kebenaran lainnya

Sesuatu perbuatan dari suatu yang resmi atau kepercayaan seseorang yang mana dengan melanggar hukum dan penuh kesalahan memakai sejumlah keuntungan untuk dirinya sendiri atau orang lain yang bertentangan dengan tugas dan kebenaran-kebenaran lainnya.

Penulis adalah: Ketua Umum Simaak A. Tamrin. M. Yang akrab disapa Allink.

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.