Home / Indotimnews / Opini: Narkoba dan obat berbahaya ancam generasi, pemerintah harus ambil langkah strategis

Opini: Narkoba dan obat berbahaya ancam generasi, pemerintah harus ambil langkah strategis

Kenali jenis-2 extrak dan bentuknya serta beri pemahaman kepada anak-anak kita. mereka memiliki misi untuk merusak generasi Indonesia, dan ini diberikan secara cuma-cuma kepada anak kita

klo ada yg mengatakan tidak mungkin sebab harganya cukup mahal, misi ini dibiayai oleh sekelompok organisasi dari beberapa negara..

Ganas..!!. ini adalah Virus yang dapat menghancurkan otak serta tubuh manusia dan Virus ini sengaja disebar melalui narkoba jenis Flakka

Apa itu Flakka?

Obat terlarang ini adalah stimulan buatan yang disebut sebagai alpha PVP. Bentuknya seperti kristal kasar berwarna keputih-putihan (kadang mirip batu akuarium) dan dihargai $5 sekali pakai. Namanya berasal dari kata dari bahasa Spanyol, “la flaca”, yang berarti gadis cantik bertubuh langsing.

Bagaimana pemakaiannya?

Menurut dr. Jeffrey Bernstein , direktur Pusat Informasi Keracunan di Miami, cara-cara pemakaian Flakka antara lain meliputi:

Dihirup lewat hidung
Dicampur dengan makanan
Dilarutkan dan diminum seperti teh
Dibuat menjadi berbentuk pil
Diselipkan ke dalam anus
Dimasukkan dalam campuran untuk rokok elektronik
Disuntikkan

Cara yang paling berbahaya adalah dengan cara menyuntikkan. Sebab Flakka sendiri kemungkinan besar dipotong atau dihaluskan dengan sesuatu yang tidak steril, atau tercampur benda kotor lainnya, kemudian dimasukkan langsung ke pembuluh darah.

Bagaimana caranya bekerja di otak?

Pemakai akan merasakan kesan euphoria, karena mempermainkan neurotransmitter, zat kimia dalam otak seperti dopamin dan serotonin. Kemudian dapat mengakibatkan pemakai mengigau gelisah sekaligus “high” selama beberapa jam.

Apa saja risikonya?

Para pemakai Flakka biasanya kehilangan hubungan dengan realita. Mereka tak sadar apa yang mereka lakukan, menjadi agresif, dan gelisah yang parah. Kasus yang pernah dilaporkan antara lain seorang pemakai Flakka didapati berlarian tanpa busana ke jalan umum dan menggedor mobil-mobil yang lewat.

Selain itu, dampak kesehatan lainnya antara lain:

Detak jantung yang cepat atau tidak teratur
Tekanan darah meningkat
Kejang

Selain itu, efek bahayanya adalah hiperthermia atau naiknya suhu tubuh, yang bisa mencapai 42 derajat celsius. Pada suhu itu, darah tak lagi menggumpal dan orang yang bersangkutan mulai mengalami pendarahan dalam. Setelah itu, organ-organ mulai mengalami kegagalan. Paru, hati, ginjal dan otak bisa mengalami kerusakan jika suhu terlalu tinggi dalam waktu terlalu lama.

Dengan hadirnya obat terlarang jenis baru ini, kita semakin dituntut untuk waspada dan berupaya keras menjauhi benda-benda terlarang tersebut, demi kesehatan dan kebaikan kita sendiri maupun orang-orang yang kita sayangi.

Penulis: Ahsan Wahid, SH
Dewan koordinasi nasional Himpunan Masyarskat ilmu hukum indonesia – HiMAHI

loading...