OPINI: Pelantikan HMI Cabang Jeneponto Legalitas vs Kompetensi

oleh -162 views

IMG_20160621_001926

Oleh: Hartaty Fatshaf

Mendukung pelantikan HMI Cabang Jeneponto ibarat mendukung mentah mentah legalitas tanpa mempertimbangkan kompetensi.

Terkait dengan rencana  pelantikan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jeneponto, hanya di daerah inilah selembar kertas bernama SK mengalahkan kemampuan dan kapasitas.

Menjadi pengurus cabang adalah proses pengkaderan tertinggi pertama di tingkat teritorial. Bukan hanya pernah tercatat menjadi pengurus dalam SK ditingkat komisariat atau korkom, tetapi juga terlihat dalam kegiatan kegiatan yang dirasakan manfaatnya oleh dunia intelektual muda Turatea khususnya mahasiswa yang ada dan kuliah di Jeneponto.

Tidak sekadar jadi pengurus karbitan dan sebulan ikut LK I lalu jadi pengurus Cabang tanpa ikut LK II melalui proses menjadi panitia diberbagai kegiatan.

Hanya di daerah ini kepengurusan diobral murah dan tidak ada menyiapkan regenerasi yang mumpuni, sebab pembinaan komisariat diabaikan, rekrutmen kader tersendat seperti gerobak mogok copot ban. Ini juga akibat Pengurus cabang yang tak.punya loyalitas dan kompetensi membenahi cabang.

Hanya di daerah ini proses perkaderan organisasi besar seperti HMI dikalahkan oleh kedekatan dengan penguasa, dukungan penguasa menjadi penting.

Serta diduga kuat terjadi persengkokolan Dana Hibah menjadi point kepentingan disamping kesepakatan lain yang terselubung. Lalai jika dana hibah yang tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya menjadi penyumbang disclaimer dan ketertinggalan daerah ini.

Dan hanya di daerah inilah ada orang-orang yang dikaruniai kekuasaan mengubah, tetapi memilih berdiam diri. Memiliki hak memperbaiki, tapi membiarkan.

Sialnya, hanya di daerah inilah, berada orang2 yang mendukung mentah-mentah legalitas, meski tanpa kompetensi. Mengabaikan orang berkeahlian hanya karena tak-legalitas.

Penulis adalah Mantan Pengurus KOHATI BADKO INDONESIA TIMUR 1996-1997, Tinggal di Jeneponto

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.