Home / Indotimnews / OPINI: “Serentak Membangun Kampung” (Bag.2)

OPINI: “Serentak Membangun Kampung” (Bag.2)

Oleh: Jafryadi

Membangun dan merawat budaya literasi, serta mendorong minat baca masyarakat kampung, sudah saatnya kita mulai membumikan literasi dari kampus ke kampung.

Mari kita sama-sama ambil bagian dalam membangun kampung. gerakan literasi kampung ini bisa kita laksanakan sekarang juga.

paling tidak, bisa kita renungkan dan diskusikan secarabersama-sama oleh para dosen dan rekan-rekan mahasiswa, khususnya yang ada diSulawesi selatan.

Upaya peningkatan kapasitas masyarakat kampung dan pemberdayaan masyarakat ,
mesti di beri ruang dan pemahaman bersama dalam membangun kampung, musyawarah dalam kampung mesti ditingkatkan dalam membahas potensi- potensi yang ada dan membahas mengenai strategi – strategi keterlibatan masyarakat kampung dalam
membangun kota seperti yang pernah di terapkan Mao Zedong filsuf Tiongkok, Cina dan
toko revolusioner, dengan strateginya “Desa Mengepung Kota”, dan ini bisa di terapkan
dalam membangun kota mestinya memperkuat daya ekonomi kampung dusun atau desadengan kualitas sumber daya masyarakat dalam artian pemuda yang memiliki disiplin ilmu yang kuasa terhadap objek masalah yang ada di kampung.

 

Tidak terlepas dalam
pemberdayaan masyarakat kampung- kampung secara serentak, semua kampung sudah saatnya, seharusnya mengenal tentang studi kampung modern, untuk menghilankan stigma
keterbelakangan yang pernah ada. Serentak Membangun kampung, upaya mendorong
kemajuan kota.

Rumah- rumah ibadah sebagai ruang penyatuan masyarakat kampung, sebagai penyebar
kezalehan, kualitas Religius dan juga mesti mengambil peran dalam penyebaran persatuan
antara kaum beragama, dan peyebaran serentak membangun kampung dengan ceramah atau khotbah, serta musyawarah- musyawarah di rumah- rumah ibadah mesti
ditingkatkan, membahas strategi- strategi dan penggalian Idea masa depan membangun
kampung sebagai suatu kesadaran, kecintaan terhadap kampung.

Membangun dan merawat budaya literasi, serta mendorong minat baca masyarakat kampung, sudah saatnya kita mulai membumikan literasi dari kampus ke kampung.

 

Mari kita sama-sama ambil bagian dalam membangun kampung. gerakan literasi kampung ini bisa kita laksanakan sekarang juga, paling tidak, bisa kita renungkan dan diskusikan secara bersama-sama oleh para dosen dan rekan-rekan mahasiswa, khususnya yang ada di Sulawesi selatan.

Sudah seharusnya Sarjana, Mahasiswa tergabung dalam Pemuda menjadi Relawan
Serentak Membangun Kampung sebagai Aksi masyarakat Kampung Perencanaan menggali gagasan tentang Membangun kampung kekinian memang sudah selayaknya berbasis teknologi informasi, kondisi di beberapa sebagian kota di Tanah Air memang sudah maju dari yang dibayangkan banyak orang. Tapi bagaimana dengan kampung- kampung, yang masih di anggap terbelakang.

 

Di masa depan, Anda akan mendapatkan gambaran
perkampungan yang jauh lebih inovatif. sukses mengembangkan apa yang mereka sebut sebagai Kampung inovatif sebagai suatu usaha membangun kampung, penggunaan teknologi informasi atau pemahaman penggunaan internet, kegiatan ekonomi produktif serta industry kreatif masyarakat kampung, peningkatan pendidikan kesehatan, dan upaya
pengentasan kemiskinan. Membangun kampung Kedepannya dengan Pelayanan berbasis online dan pengembangan ekonomi kampung diintegrasikan, inovasi ini patut di wacanakan. (*)

 

 

loading...