Orientasi Ketua RT dan RW Se Kota Makassar

oleh -220 views

IMG_20141217_100942Makassar– Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini BPM kota Makassar untuk kedua kalinya mengadakan orientasi dalam rangka pembinaan ketua Rukun Tetangga dan Ketua Rukun Warga. Kegiatan ini diikuti ribuan ketua RT-RW se-kota Makassar dengan Pelaksanaan Perdapil ( Daerah Pemilihan) dari Tanggal 17 sampai 22 Desember 2014  dan adapun pelaksanaan orientasi yang sebelumnya diadakan tahun 2013 yang lalu yang waktu itu dihadiri Calon Walikota Muh  Ramdhan Pamanto sebagai pembicara.

Dan untuk Tahun ini kedua kalinya akan Sekitar ratusan ketua rukun tetangga dan ketua rukun warga di Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Manggala dan Panakkukang mengikuti kegiatan orientasi pembinaan RT-RW di gedung PKK kota Makassar, Kamis (17/12) . Kegiatan yang digagas oleh badan pemberdayaan masyarakat kota Makassar ini melibatkan RT-RW di dua kecamatan yakni kecamatan panakkukang dan kecamatan manggala, kata Kepala Bidang Pengembangan Kelurahan BPM Kota Makassar, Dra Sulfiani Karim, M,Si, Rabu (16/12) kepada Beritakota Online di Makassar.

Menurut Sulfiani Karim kegiatan orientasi RT/RW ini akan dibuka Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, H. Ibrahim Saleh dan dihadiri Kepala BPM Makassar Andi Irwan Bangsawan dan sejumlah Pejabat dalam lingkup BPM kota Makassar, serta Camat dan Lurah di Dapil 4 Makassar ini, ucapnya.

Kepala Bidang Pengembangan Kelurahan BPM Kota Makassar ini menjelaskan pula bahwa orientasi ini merupakan salah satu strategi pemerintah kota dalam rangka peningkatan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat. Dimana dalam kegiatan ini ketua RT/RW akan diberi pembekalan tentang bagaimana menjalankan pemerintahan pembangunan dan pembinaan masyarakat dengan baik membangun sinergitas antara Pemkot dalam mensukseskan program Walikota dan Wakil Walikota Makassar sebagai perwujudan Makassarta tidak rantasa dan Smart City, jelasnya.

Mantan Camat di Pulau Jawa ini menambahkan pula ketua RT/RW harus paham tentang konsep tata ruang karena RT/RW merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan suatu daerah. Ketua RT/RW sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat diharapkan bisa membuat perencanaan pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat.

(Ahmad)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.