Pansel Tegaskan Peserta Ujian CPNS Dilaarang Bawa Barang Elektronik

oleh -283 views

images(248)-1Makassar,– Pelaksanaan ujian penerimaan CPNS untuk berbagai instansi dan Pemda di wilayah Indonesia Timur dipusatkan di Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Sulawesi Selatan di Paccerakang Daya, Makassar.

Jumlah peserta yang tercatat sebanyak 5.892 orang dan akan mengikuti proses seleksi mulai hari ini, tanggal 29 Oktober hingga 7 Nopember 2014.
Bambang Supardi Kasub Tata Usaha dan Rumah-Tangga Kanreg IV BKN Sulawesi Selatan, Rabu, (29/10) mengemukakan, pihak panitia seleksi (pansel) akan tegas terhadap tata-tertib pelaksanaan ujian CPNS kali ini.

Pasalnya, sistem ujian tahun ini menggunakan sistem komputer atau disebut Computer Assisted Tes (CAT).

Menurutnya, pansel akan memperketat peserta ujian sebelum masuk di dalam ruangan komputer. Pengetatan ini dilakukanm, agar benar-benar pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar, tertib, aman tanpa ada gangguan dari peserta lain yang bisa mengganggu konsentrasi peserta lainnya.

“Kami memperketat setiap peserta yang masuk ke ruangan agar tidak membawa hape, kalkulator, jam tangan, kamera serta alat-alat eletonik lainnya. Bila ada yang membawa, maka diperintahkan untuk menitipkan di loket,” jelas Bambang.

Sunarto selaku Ketua Tim Fasilitasi Seleksi Sistem CAT Kanreg IV BKN Sulawesi Selatan ikut menegaskan, bahwa peserta ujian sama sekali tidak boleh datang terlambat. Sanksi yang akan didapatkan, tentu akan beresiko merugikan peserta karena dengan sendirinya akan digugurkan dalam seleksi tersebut bila tidak diperkenankan memasuki ruangan ujian.

“Sangat beresiko bila datang terlambat, bisa jadi akan menggugurkan peserta. Kan sudah sangat jelas, ada pengumuman yang disampaikan kapan waktu pelaksanaan ujian, jadi sebaiknya peserta mematuhi aturan tata-tertib itu bila tidak ingin didiskualifikasi,” papar Sunarto.

Ia menambahkan, pelaksanaan ujian berlangsung cukup baik dan lancar. Meskipun ada juga peserta yang tidak sempat hadir.

“Peserta yangtidak hadir antara 10 hingga 15 persen dari jumlah peserta. Otomatis yang tidak hadir pun dengan sendirinya akan digugurkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kanwil Regional IV BKN Sulsel menggaransi pelaksanaan ujian CPNS tahun ini akan lancar. Jaringan serta perangkat komputer sebanyak 100 unit sudah siap. Termasuk enam unit komputer cadangan.
“Jaringan sudah kita backup, sehingga dipastikan aman.

Semua komputer juga dalam kondisi siap tanpa masalah,” kata Kepala Kanwil Regional IV BKN Sulsel, Usman Gumanti.
Usman menambahkan, adapun hal-hal yang dapat menjadi kendala saat pelaksanaan ujian yakni bila singkronisasi data peserta dari pusat yang menemui kendala.

Meskipun ada kendala paling hanya di gangguan sinkronisasi sistem komputer dari pusat. Tapi kan peserta tidak dirugikan, karena waktu akan berjalan bila peserta telah mulai mengerjakan soal hingga 90 menit ke depan,” tandasnya.(sak/cundin)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.