Home / EKOBIS / Parkir Depan Mall Panakukang tutupi Badan Jalan Hingga ke tengah. Ini kata Dirut PD. Parkir Makassar!

Parkir Depan Mall Panakukang tutupi Badan Jalan Hingga ke tengah. Ini kata Dirut PD. Parkir Makassar!

MAKASSAR– Jelang Hari Raya Idul Fitri 1419 H, arus kemacetan di Beberapa ruas jalan , khususnya di kawasan pusat perbelanjaan, menjadi biang macet arus lalulintas.

Demikian halnya di ruas Jalan Boulevard Panakukang, tepatnya depan Mall Panakukang (MP), dalam beberapa malam ini terjadi macet total diakibatkan sembrawutnya parkir kendaraan roda dua (sepeda motor).

Dari pantauan media ini, juru parkir (Jukir) yang tak me genakan seragam melakukan parkir kendaraan memaksa hingha meringset ke tengah jalan.

Akibatnya, atus lalulintas satu arah dari Jalan AP. Pettarani ke Jalan Adiyaksa Baru macet total karena dipenuni parkiran sepeda motor milik pengunjung mall yang berbelanja kebutuhan lebaran.

Bahkan pengakuan sejumlah warga yang parkir kendaraan mereka kerap dimintai  uang parkir hingga Rp.5 ribu. Pada hal aturan perparkiran dengn menggunakan karcis parkir Rp.2 Ribu.

Demikian  halnya dengan pengguma jalan yang kerap melintas di area parkir di Jalan Boulevard mengeluhkan parkiran yang sudah menggunakan  badan jalan sehingga macet tak terelakkan.

“Kami menjadi heran hingga saat ini, seolah tak ada institusi terkait yang peduli dengan kondisi kemacetan yang diakibatkan parkir kendaraan,” ucap Mansyur, pengguna jalan.

Sementara itu, Dirut PD. Parkir Makassar, Irianto Ahmad  menjelaskan, Pendataan dan pembagian uniform mungkin belum sampai ke wilayah Jalan Boulevard tapi akan kebagian.

“Ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengetahui Jukir Legal PD. Parkir demi kenyamanan pengguna jasa parkir dilakukan   penataan, penertiban,” terang Irianto, Kamis malam via aplikasi WA telepon selularnya.

Dijelaskan, pada saat ini oleh tim terpadu yang terdiri dari Dishub, SatpolPP, Kepolisian, TNI & Tripika wilyah masing-masing, utk pembayaran jasa parkir yang tak sesuai aturan kami telah bekerja sama dengan pihak  Saber Pungli.

“Intinnya, Jukir ilegal yang meminta pembayaran tak sesuai aturan maka akan berurusan dengan pihak berwewenang dan dikenakan sanksi tegas kalau perlu pencabutan sebagai Jukir,” tegasnya.

Ini kata Irianto, hanya semata mata untuk kenyamanan bagi pengguna jasa parkir  kenyamanan bagi pengguna jalan.

Penulis: Zulkifli

loading...