Pelaku Usaha di Banteng Akan Segera Dapat Kartu IUMK.

oleh -223 views

IMG_20151118_093612Bantaeng– Dalam rangka tindak lanjut dari UU No. 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Perpres RI No. 98 tahun 2014 tentang pedoman pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bantaeng bersama BRI Cabang Bantaeng segera akan meluncurkan Naskah dan kartu IUMK  untuk para pelaku usaha di Kabupaten Bantaeng secara serentak di hari kamis 19 November 2015 besok.

Peluncuran Naskah dan Kartu IUMK secara simbolis dan Soft launching yang di lakukan oleh Kadis Koperasi dan UKM Ir. Meyriyani Madjid dengan pemimpin Cabang BRI Cabang Bantaeng Moh. Noeroel Fadjari kemarin di Hall Room Cabang BRI Bantaeng.

Pemimpin Cabang BRI Kabupaten Bantaeng Moh. Noeroel Fadjari mengatakan, “Bank BRI diberikan kepercayaan penuh oleh Pemerintah untuk menerbitkan Naskah dan Kartu IUMK yang merupakan implementasi dari MOU dan PKS 3 Kementrian yang meliputi Kementrian Koperasi, Komentrian Perdagangan dan Kementrian Dalam Negeri,” ujarnya.

Dengan Kartu IUMK maka para pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan dalam hal akses pembiayaan ke lembaga keuangan Bank.

Persoalan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha yaitu terhambatnya akses pembiayaan dari Bank dikarenakan persyaratan perizinan dan lainnya serta tahapan-tahapan yang rumit dan prosesnya relative lama, tambah Moh. Noeroel Fadjari.

Selain itu Kartu IUMK juga dapat digunakan sebagai ATM serta berfungsi untuk membantu pemerintah dalam hal membangun database UMKM.

Sementara Kadis Keperasi dan UKM Kabupaten Bantaeng Ir. Meyriyani Madjid menyampaikan, Dinas Koperasi dan UKM akan menerbitkan kurang lebih 250 Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang terhubung secara online dengan data base Kementrian dan sampai akhir tahun 2015.

Lanjut dia, penerbitan kartu IUMK kami target sampai 1.000 (seribu) pelaku usaha di Bantaeng untuk memiliki Kartu IUMK tersebut sebagai perlindungan dalam usaha, pengdampingan untuk pengemembangan usaha.

Laporan: Wiwin

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.