Pelayanan Kantor Samsat Kendari terus dicibir, Kapolda Sultra diminta ganti pejabatnya di Samsat

oleh -549 views

PhotoGrid_1461771332954Kendari– Publik di Kendari, Sulawesi Tenggara, kini tengah memperbincangkan kondisi pelayanan publik kepolisian, khususnya di Kantor Samsat yang dianbggap tak pro publik.

Pasalnya, Pelayanan kantor samsat di Kendari dianggap jauh berbeda dengan sistem pelayanan prima di sejumlah kantor Samsat yang ada di Provinsi lainnya, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Nah, khusus Kantor Samsat Kendari, aturan baku yang sudah ditetapkan dalam proses pelayanan prima tanpa ada pungutan di luar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), diduga kuat masih ditarapkan.

Semisal, pemberlakuan sejumlah biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk proses cabut berkas (mutasi keluar) dan berkas masuk (Mutasi masuk).

lain halnya dengan proses perpanjangan pajak kendaraan bermotor untuk tiap tahunnya, terkendala kebijakan proses berkas. Artinya, wajib pajak yang hendak membayar kewajiban pajak kendaraan bermotor (ranmor), harus memuncukan terlebih dahulu berkas awal kendaraan yang ditarik dari arsip kantor Samsat Kendari.

Menanggapi sistem proses pelayanan yang dianggap berbagai kalangan tak pro publik itu, Komisi Nasional pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas Waspan RI), kembali berkomentar dan berharap Kepala kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra, bisa menekankan pejabatnya di Kantor Samsat Kendari untuk tidak bermain-main dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Kapolda harus tegas, agar pejabat kepolisian yang ada di Samsat mengedepankan pelayanan prima, tanpa harus diwarnai dengan berbagai aksi pungutan yang tak diatur dalam aturan yang suadah ada,” ucap Sekertaris Komnas Waspan RI, Nasution Jarre, saat ditemui di Warkop Poenam, Jakarta, Rabu (27/4).

Sementara itu, sejumlah email yang berisi pengaduan dan keluhan yang diterima redaksi media ini dari Kota Kendari, meminta jabatan kepala Seksi (Kasi) STNK Ditlantas Polda Sultra yang selama ini jadi pengendali registrasi dan Identifikasi (Regident) di Samsat Kendari, segera diganti.

“Kami warga Kota kendari meminta bapak kapolda Sultra untuk segera mengganti Kasi STNK, karena kebijakannya tidak mencerminkan metode pelayanan prima yang selama ini digembar-gemborkan oleh Kepolisian republik Indonesia,” ungkap pemilik akun email bah………@gmail.com, yang diterima media ini.

Editor: Zulkifli Malik

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.