Pelayanan STNK di Samsat kendari Lamban, publik minta Kapolda Sultra lakukan evaluasi

oleh -194 views

PhotoGrid_1461301226584Kendari– Terkait dengan pola pelayanan prima yang kini tengah digenjot pihak kepolisian, publik dikendaripun berkehendak pelayanan kepolisian, Ditlantas Polda Sultra di kantor Samsat kendari harus menjalankan program kepolisian tersebut.

Pasalnya, warga Kota Kendari, wajib pajak kendaraan bermotor (ranmor), seakan gerah melihat kondisi pelayanan yang dianggap teramat lamban, dikarenakan kebijakan yang tak pro pada pelayanan publik.
“Tak ada alasan pihak samsat Kendari memperlambat proses pelayanan pembayaran pajak (STNK). Bayangkan saja, kalau pemilik ranmor hendak melakukan pembayaran pajak, terlalu banyak prosudur yang membuat sistem pelayanan itu terkendala, salah satunya, proses perpanjangan (pembayaran pajak) tahunana, diwajibkan mencari berkas kendaraan di arsip,” ucap waoide Indirawaty, mahasiswa salahsat perguruan Tinggi Negeri di Kendari, Jumat (22/4).

Menurut mahasiswi yang dikenal di kampusnya kritis tersebut, bahwa jika membahas pola pelayanan prima di Kantor samsat, hanya memakan waktu maksimal 8 hingga 10 menit. hanya karena persoalan kebijakan yang tak jelas paung hukumnya, pelayanan itu lpaling cepat 3-4 jam. Bagaimana dengan STNK yang tak bisa ditemukan berkasnya di kantor Samsat Kendari?

Sementara informasi yang dihipun indotimnwes.com, bahwa kerap terjadi komplain dari iohak wajib pajak ranmor yang hendak menyelesaikan kewajiban pajaknya karena persoalan pengarsipan.
Semntara itu, kasi Pajak Dinas pendapatan daerah (Dispenda) sultra yang pernah diajak bincang-bincang, membenarkan adanya kebijakan pengarsipan saat hendak membayar pajak.

Ditempat terpisah, Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas Waspan RI), menilai bahwa system pelayanan yang ditarapkan oleh aparat kepolisian Samsat Kendari, perlu dievaluasi oleh Kapolda Sultra.

“Jangan masyarakat dijadikan korban dalam sistem kerja di Kantor Samsat kendari. Apalagi saat inikan Kapolri kerap mengingatkan angotanaya untuk mengedepankan pelayanan prima. Jika pelayanan buruk itu tetap dipertahanlan, sebaiknya Kapolda Sultra segera melakukan evaluasi terhadap pejabat yang berwewenang dalam proses penerbitan dan perpanjangan STNK dan BPKB di Samsat Kendari,” ucap Sekertaris Komnas Waspan RI , Nasution Jarre, di Jakarta.

Editor: Zul/A. Ahmad

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.